PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK DIGITAL PADA MATERI GERAK

Authors

  • Azizul Azizul Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi, IKIP PGRI Pontianak
  • Widya Yuliatin Riski Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi, IKIP PGRI Pontianak
  • Devi Indah Fitriyani Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi, IKIP PGRI Pontianak
  • Ira Nofita Sari Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi, IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31932/ve.v11i2.829

Keywords:

Pengembangan, Bahan Ajar, Komik Digital, Gerak

Abstract

ABSTRAK

Perkembangan teknologi digital dewasa ini telah terjadi secara masif tidak terkecuali di dunia pendidikan Mengingat pesatnya perkembangan teknologi digital maka penelitian ini berupa pengembangan bahan ajar komik digital pada materi gerak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar komik digital pada materi gerak sebagai pendukung dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Rancangan penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini mengikuti 5 langkah atau tahapan penelitian dan pengembangan menurut Borg & Gall. Pada penelitian ini tahapan pengembangan yang dilakukan sampai pada tahap main product revision. Pertimbangan tersebut dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpul data yaitu lembar validasi ahli materi dan media dengan skala Likert. Data yang akan diperoleh dalam penelitian pengembangan, selanjutnya akan diolah dan dianalisis sesuai dengan masalah dan tujuan yang telah dirumuskan. Data dari lembar yang berupa data kuantitatif dianalisis secara deskriptif untuk mencari persentase dari kelayakan bahan ajar pada materi gerak berbasis komik digital berdasarkan penilaian ahli. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa telah dihasilkan bahan ajar komik digital pada materi gerak. Kualitas pengembangan bahan ajar komik digital pada materi gerak berkategori layak menurut ahli materi dengan rata-rata persentase sebesar  76,89 dan menurut ahli media sangat layak dengan persentase sebesar 89,17%.

Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Komik Digital, Gerak

 

ABSTRACT

The development of digital technology today has occurred massively, including in the world of education. Given the rapid development of digital technology, this research is in the form of developing digital comic teaching materials on motion material. The purpose of this research is to develop digital comic teaching materials on motion materials as a support in learning. The method used in this research is the method of research and development (research and development). The research design that will be used in this study follows 5 steps or stages of research and development according to Borg & Gall. In this research, the development stage is carried out until the main product revision stage. This consideration was made due to time and cost limitations. The data collection technique used in this research is indirect communication techniques with data collection tools, namely material and media expert validation sheets with a Likert scale. The data to be obtained in development research will then be processed and analyzed in accordance with the problems and objectives that have been formulated. Data from the sheet in the form of quantitative data were analyzed descriptively to find the percentage of the feasibility of teaching materials on digital comic-based motion material based on expert judgment. Based on the research that has been done, it is known that digital comic teaching materials have been produced on motion material. The quality of the development of digital comic teaching materials on motion material is categorized as feasible according to material experts with an average percentage of 76.89 and according to media experts it is very feasible with a percentage of 89.17%.

Keywords: Development, Teaching Materials, Digital Comics, Motion

References

Erlina. 2016. “Inovasi Pembelajaran melalui Penelitian dan Pengembangan Bahan Ajarâ€. Jurnal Al Bayan : Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. 8(1).

Etkina, Eugenia; Murthy, Sahana.; and Zou, Xuely. 2006. “Using Introductory Labs to Engage Students in Experimental Designâ€. American Journal of Physics.74 (11): 979-986.

Febriandika, Triyan; Wahyuni, Sri; dan Lesmono, Albertus Djoko. 2016. “Pengembangan Modul IPA dengan Teknik Komik Disertai Kartu Soal di SMPâ€. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional Pendidikan 2016. 1: 295-306.

Fisk, Peter. 2017. The Future Of Learning Will Be Dramatically Different, In School And Throughout Life (https://www.thegeniusworks.com/2017/01/future-education-young-everyone-taught-together/).

Matsun; Ramadhan, Dochi; Lestari, Isnania. 2018. “Perancangan Media Pembelajaran Listrik Magnet Berbasis Android di Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianakâ€. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains. 7(1), 107-117.

Nurcahyo, dkk, 2016. Belajar Praktis Seni Budaya SMP/MTs Kelas VIII Semester 2. Klaten: Viva Pakarindo.

Pramana, Takari Chandra. 2015. “Pengembangan Media Komik sebagai Bahan Ajar IPA Materi Hubungan Sumber Daya Alam dengan Lingkungan pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pendowoharjo Sleman (Online)â€. Jurnal Universitas PGRI Yogyakarta.

Prihanto, Dhita Agoes dan Yunianta, Tri Nova Hasti. 2018. Pengembangan Media Komik Matematika pada Materi Pecahan untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal MAJU, 5(1): 79-90.

Sutrisno Tri. 2018. Pengembangan Komik IPA Fisika sebagai Media Pembelajaran peserta Didik Pokok Bahasan Gerak. Repository UIN Raden Intan Lampung.

Wahyuni, Sri. 2016. “Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Komik pada Pokok Bahasan Gerak di SMPâ€. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. 1: 564-572.

Werdiana I Komang, dkk. 2018. “Pengembangan Komik Fisika Kontesktual Berbasis Android Pokok Bahasan Tekanan untuk Sekolah Menengah Pertamaâ€. (JPF) Jurnal Pendidikan Fisika. 2: 287-238.

Downloads

Published

2020-11-23

Issue

Section

Articles