PEMANFAATAN TANAMAN BAMBU UNTUK MEMBUAT ANEKA KERAJINAN TANGAN KHAS SUKU DAYAK DESA SEBAGAI ALTERNATIF PENINGKATAN KREATIVITAS MAHASISWADALAM MENGANALISIS PELUANG BISNIS
DOI:
https://doi.org/10.31932/ve.v6i1.82Abstract
Tujuan penelitian adalah meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam menganalisis peluang bisnis dengan cara memanfaatkan tanaman bambu yang banyak tumbuh di alam kalimantan barat khususnya kabupaten Sintang. Tanaman bambu dimanfaatkan untuk membuat aneka kerajinan tangan khas suku dayak desa yang dikemas dalam bentuk souvenir dengan kreasi model-model baru merubah ukuran aslinya menjadi miniatur yang lebih kecil ukurannya sehingga cocok digunakan sebagai cindera mata.Adapun jenis kerajinan tangan khas suku dayak desa yang ada di kabupaten Sintang yang telah dimodifikasi menjadi souvenir diantaranya cupai, takin, tanggui, capan, keban, tabung, keranjang bakul dan tikar. Hasil kerajinan tangan ini selanjutnya dipasarkan melalui praktek pemasaran pada matakuliah analisis peluang bisnis dimana mahasiswa diberikan kesempatan untuk menjual hasil kerajinan tangannya di kantin kampus; selain itu produk juga dapat dipesan untuk souvenir pernikahan, souvenir ulang tahun, dan dititipkan pada toko cenderamata. Produk telah berhasil dipasarkan dengan mendatangkan keuntungan sebesar Rp. 864.000 dari 100 unit Produk . Kegiatan ini akan terus berlanjut dan dikembangkan dengan target membuat galeri khusus serta memperluas pangsa pasar.
Â
Kata Kunci: kerajinan tangan, kreativitas mahasiswa, peluang bisnisReferences
Dina,dkk. 2006. Aneka Kerajinan Tangan Khas Bengkulu Dari Kulit Latung (Arthocarpus elasticus)sebagai alternatif Peningkatan Kreatifitas Mahasiswa Dalam Mencermati Peluang Usaha Di Kota Bengkulu. Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu.
Husnan, S dan Pudjiastuti, Enny. 2012. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Edisi Keenam. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Philip, K and Keller. 2009. Manajemen Pemasaran edisi 12. Indeks.
Prasetyo, Bayu. 2013. 44 tips Rahasia Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.