KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MEMPELAJARI POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN MENGGUNAKAN MODUL PRAKTIKUM IPA BERBASIS INKUIRI
DOI:
https://doi.org/10.31932/ve.v11i2.817Keywords:
kemandirian belajar, modul, praktikum, IPA, inkuiriAbstract
ABSTRAK
Kemandirian merupakan hal yang diperhitungkan dalam melaksanakan pembelajaran guna mengembangkan potensi siswa secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemandirian belajar siswa memepelajari materi pencemaran lingkungan menggunakan modul praktikum IPA berbasis inkuiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dalam bentuk pre experimental design.Populasi penelitain ini adalah SMP Swasta Advent Singkawang Kalimantan Barat Melalui teknik sampling jenuh, diketahui bahwa kelas VII A merupakan kelas yang  digunakan sebagai kelas eksperimen. Untuk mengetahui kemandirian belajar siswa, digunakan angket kemandirian belajar. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa rata-rata kemandirian belajar siswa tergolong sangat baik.
Kata Kunci:Â Kemandirian Belajar, Modul, Praktikum, IPA, Inkuiri
Â
ABSTRACT
Independence is a thing that is taken into account in carrying out learning in order to develop the maximum potential of students. The purpose of this study was to determine the independent learning of students studying environmental pollution material using inquiry-based science practicum modules. The method used in this research is the experimental method. The population of this research is SMP Private Advent Singkawang, West Kalimantan. Through saturated sampling technique, it is known that class VII A is the class used as the experimental class. To find out students' learning independence, a learning independence questionnaire was used. Based on the results of data analysis, it is known that the average student learning independence is very good.
Keywords:Â Independent Learning, Modules, Practicum, Science, Inquiry
References
Anzora. 2017. Analisis Kemandirian Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menerapkan Teori Belajar Humanistik. Jurnal Gantang, 11(2).
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (edisi revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta.
Fidiana, Lutfi; S., Bambang; D., Pratiwi. 2012. Pembuatan dan Implementasi Modul Praktikum Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI. UNNES Science Education Journal, 1(1).
Muhafid, Ervian Arif; Dewi, Novi Ratna; Widiyatmoko, Arif. 2013. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berpendekatan Keterampilan Proses pada Tema Bunyi di SMP Kelas VIII. UNNES Science Education Journal, 2(1).
Pemerintah Indonesia. (2017). Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementrian Sekertariat Negara..
Pradana, dkk. 2020. Pengembangan E-Modul Berbasis Mobile Learning Mata Pelajaran Seni Budaya Konsep Budya, Seni dan KeindahanKelas X SMKN 1 Turen Malang. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, 6(2).
Sanjaya, W. 2008. Pembelajaran Dalam Impelentasi Kurikulim Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media Group.
Santoso; Hanif, Achmad Sofyan; Lubis, Johansyah. 2018. Hubungan antara Kesegaran Jasmani, Disiplin dan Percaya Diri Taruna dengan Prestasi Akademik Sekolah Tinggi Transportasi Darat Bekasi Jawa Barat. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, 1(1).
Suparno, 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivistik & Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma.
Suryani, Cicih Devi. 2018. Peningkatan Kepercayaan Diri melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas X PS2 SMK Negeri 1 Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(3).
Uswatun, Din Azwar; Wilujeng, Insih; Hastuti, Purwanti Widhy. 2016. Modul IPA Berbasis Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk Meningktakan Kemandirian Belajar Siswa dan Kemampuan Kognitif Siswa. Jurnal Utile: Jurnal Kependidikan, 2(2).
Wijayanto, D., Sulistina, O., & Zakia, N. (2011). Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia SMP Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Asam Basa. Universitas Negeri Malang : Malang.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.