UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA KELAS V SDN 26 SINTANG TERHADAP MATERI AZAN DAN IQOMAH MELALUI PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI
DOI:
https://doi.org/10.31932/ve.v7i2.78Abstract
Azan dan Iqomah merupakan ketrampilan relijius yang penting bagi siswa beragama Islam sebab akan sangat berguna di masyarakat. namun mengajarkan adzan dan iqamah bukanlah perihal mudah sebab tidak dapat diteorikan begitu saja, harus ada percontohan yang nyata. Oleh karena itu, metode pembelajaran yang tepat salah satunya adalah dengan metode demonstrasi. Dalam pelaksanaan metode demonstrasi seluruh siswa memperhatikan dan mengamati terhadap objek yang akan didemonstrasikan. Guru harus mempersiapkan alat – alat yang digunakan dalam demonstrasi tersebut. Prosedur metode demonstrasi yang harus dilakukan dalam pembelajaran adalah mempersiapkan alat bantu yang akan digunakan dalam pembelajaran, memberikan penjelasan tentang topik yang akan didemonstrasikan, pelaksanaan demonstrsi bersamaan dengan perhatian dan peniruan dari siswa, penguatan (diskusi, tanya jawab, dan atau latihan) terhadap hasil demonstrasi dan kesimpulan. Metode tersebuut terbukti berhasil dalam penelitian tindakan kelas ini dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan siswa dalam azan dan iqomah.
Â
Kata Kunci: Azan, Iqomah, Metode DemonstrasiReferences
Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Berg, Euwe Vd. (1991). Miskonsepsi Agama Islam dan Remidi Salatiga. Universitas Islam Satya Wacana.
Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Joyce, Bruce dan Weil, Marsh. 1972. Models of Teaching Model. Boston: A Liyn dan Bacon.
Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. University Press. Universitas Negeri Surabaya.
Soedjadi, dkk. 2000. Pedoman Penelitian dan Ujian Skripsi. Surabaya; Unesa Universitas Press.
Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.
Komaruddin Hidayat, (2004). Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Bandung: Nusamedia.
Moh Uzer Usman dan Lilis Setiawati (2002). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhammad Asrori, (2008). Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Mulyasa. (2009) Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ramayulis, (2005). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Sardiman, 2004). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Sa’dullah, (2008). Cara Praktis Mengahafal Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani.
Slameto, (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiono, (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto, (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto dkk, (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi.
Sumadi Surya Brata (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV. Rajawali.
Usman, Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Widoko. 2002. Metode Pembelajaran Konsep. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.