SURVEY KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA SD NEGERI 18 UPT IV SILAT HILIR SEBAGAI DASAR IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK JENJANG SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31932/ve.v7i2.73Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat kecerdasan interpersonal siswa di SD Negeri 18 UPT IV Silat Hilir sebagai dasar impelementasi model pembelajaran kooperatif. Populasi siswa berjumlah 330 orang, sedangkan sampel 170 orang yang terdiri dari siswa kelas IV, V, dan VI. Analisa data menggunakan uji t dengan one tail test. Hasil penelitian menunjukkan persentase kecerdasan interpersonal siswa sebesar 72,03%. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis tersebut diperoleh harga t hitung lebih besar dari harga t tabel yaitu 13,75 >1,65, maka Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya kecerdasan interpersonal siswa SD Negeri 18 UPT IV Silat Hilir dalam upaya mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif untuk jenjang Sekolah Dasar lebih dari sama dengan 75% dari yang diharapkan.
Â
Kata Kunci: kecerdasan interpersonal, impelementasi model pembelajaran kooperatif SD.References
Alder, Harry. 2001. Pacu EQ dan IQ Anda. Jakarta: Erlangga
Efendi, Agus. 2005. Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta
Lie, Anita. (2008). Cooperative Learning. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana.
Safaria, T. 2005. Interpersonal Intelligence: Metode Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak. Amara Books. Yogyakarta.
Singarimbun, Masri & Effendi, Sofian. (2006). Metode Penelitian Survai. Jakarta: Pustaka LP3ES.
Slavin, Robert E. (2010).Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Terjemahan Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media
Sugiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suprapto. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Pendidikan dan Ilmu-ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Buku Seru.
Trianto. (2011).Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivitis. Jakarta: Prestasi Pustaka
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.