PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROYEK RESPON KREATIF DI KELAS VIII

Authors

  • Dara Juia STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Dwi Cahyadi Wibowo STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Emilia Dewiwati Pelipa STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

DOI:

https://doi.org/10.31932/ve.v7i2.72

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan memahami kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan di Indonesia melalui model proyek respon kreatif  di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kayan Hilir tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan bentuk penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada siklus I nilai maksimal 85, nilai minimal 40, nilai rata-rata 59,76 dan ketuntasan klasikal 61,90%. Pada siklus II nilai maksimal 90, nilai minimal 50, nilai rata-rata 68,1 dan ketuntasan klasikal 85,71%. Hasil peneitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan dalam prestasi belajar siswa melalui proyek respon kreatif di kelas VIII, hal ditunjukkan pada persentase peningkatan prestasi belajar pada: (1) pra-siklus dan siklus 1 sebesar 9,52%; (2) pada siklus 1 dan 2 sebesar 23,81%; (3) pada pra-siklus hingga siklus 2 sebesar 33,33%. Dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model proyek respon kreatif mampu meningkatkan aktifitas dan respon belajar siswa, sehingga prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn meningkat pula.

 

Kata Kunci:   Prestasi Belajar, Model Proyek Respon Kreatif

References

AF. Tangyong. 2007. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Rajawali

Andri. 2013. Skripsi: Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Respon Kreatif terhadap Tingkat Kerjasama Siswa dan Hasil Belajar Siswa Kelas X TPM pada Mata Pelajaran Menggambar di SMKN 1 Jetis Mojokerto. (Tidak diterbitkan). Yogyakarta: UNY

Amanda, Raysa. 2013. Skripsi: Efektifitas Model Proyek Respon Kreatif dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Bahasa Jepang (Penelitian Kuasi Eksperimen terhadap Mahasiswa Tingkat II Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang FPBS UPI Tahun Ajaran 2013/2014). (Tidak diterbitkan). Bandung: UPI

Aqib, Zaenal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 20013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dananjaya, Utomo. 2010. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa.

Depdiknas. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pendidikan Kewargane-garaan SD-SMP-SMA-SMK.

Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Erlina, Sri Mulyani, 2007. Metodologi Penelitian Bisnis: Untuk Akuntansi dan Manajemen, Cetakan Pertama USU Press, Medan.

Fatmawati, Emi. 2013. Pengertian Kreatif dan Inovatif Serta Faktor Pendukungnya (Fakultas Ekonomi-Manajemen). Jakarta Timur : Universitas Borobudur. Tidak Diterbitkan.

Iskandar, Alex. 2009. Pengaruh Keterampilan Mengajar Dalam Menjelaskan Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Efektivitas Proses Belajar Mengajar: Studi Kasus Deskriptif Analisis terhadap Guru SMK Negeri 3 Bandung, Tesis, Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Universitas Pendidikan Indonesia, http://repository.upi.edu/tesisview. php?no_tesis= 1955, 12-03-2012. Tidak Diterbitkan

Izzati, Nurma. 2014. Skripsi: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Respon Kreatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa (Studi Kuasi Eksperimen terhadap Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Syech Nurjati Cirebon). (Tidak diterbitkan). Yogyakarta: UNY

Mardalis. 2003. Metode Penelitian. (Online) [Tersedia]: http:// wordpress. com/2010/12/17/ metode_penelitian/ (21 Januari 2015)

Milles Matthew B. dan Huberman A. Michael. 2007. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia

Peter Salim & Yenny Salim. 2001. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English.

Purwanti, Novita. 2015. Skripsi: Upaya Meningkatkan Keterampilan dan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Respon Kreatif pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Srandakan. (Tidak diterbitkan). Yogyakarta: UNY

Purwanto, Ngalim. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ridwan. 2008. Ketercapaian Prestasi Belajar. (Online) [Tersedia]: http:// ridwan202.word press.com/2008/05/03/ketercapaian-prestasibelajar/. (12 Januari 2015)

Roseeha, Dewi. 2010. Sukses Menulis Proposal, Skripsi, Tesis dan Disertasi. Keen Books

Santyasa, I Wayan. 2006. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Slameto. 2005. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemantri, Muhammad Numan. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya

Stephen B. Klein. 2006. Learning Principles and Applications. Misissippi State University: Mc Graw-Hill, Inc.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyastini, dkk. 2013. Skripsi: Pengarh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Gugus V Banjar Tahun 2012/2013. (Tidak diterbitkan). Banjar: UPGSI

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuntitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, Ika, 2013. Strategi Writing In The Here And Now Pikeun Pangajaran Nulis Karangan Éksposisi (Studi Kuasi Ékspérimén ka Siswa Kelas VII-G SMP Negeri 35 Bandung Tahun Ajaran 2012/2013). (Tidak diterbitkan). Bandung: UPI

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Syah, Muhibbin, 2011. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Thomas, J.W. 2000. A Review od Research on Project-Based Learning. California: The Autodesk Foundation. Available on:http://www. autodesk. com/foundation. Tidak Diterbitkan

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Zainal, Arifin. 2010. Evaluasi Instruksional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2018-08-06

Issue

Section

Articles