PENGARUH PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SINTANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Authors

  • Aristo Sipin STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Didin Syafruddin STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Yasinta Lisa STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

DOI:

https://doi.org/10.31932/ve.v7i2.70

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan berpikir kreatif siswa setelah menggunakan model pembelajaran active learning. Variabel bebas penelitian ini adalah “model pembelajaran active learningâ€, sedangkan variabel terikatnya adalah “kemampuan berpikir kreatif siswaâ€. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan bentuk penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi berjumlah 340 orang siswa, sedangkan sampel penelitian ini adalah 34 orang siswa kelas VIII E sebagai kelas ekspeimen dan 36 orang siswa kelas VIII F sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampeling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakn teknik observasi lansung, teknik pengukuran dan dokuumentasi. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi, soal tes dan angket. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 31,15 dan rata-rata postest 74,94,sedangkan rata-rata pretest kelas kontrol 29 dan rata-rata postest 62,08.Sedangkan setelah dihitung secara statistik dengan menggunakan uji-z dengan α=0,05 maka diperoleh nilai Zhitung 2,26 > Ztabel 1,96 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran menggunakan model active learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem pernapasan manusia.

 

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Active Learning

References

Azahri dan Somakin. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Melalui Pendekatan Kontruktivisme Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Banyuasin III. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 7 No.2. Halaman 1-10

Effendi, M. (2013). Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet-Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar. Jurnal Pendidikan Islam. Vol.7. No.2. Halaman 284-292

Euis, I. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Dengan Pemdekatan Model Eliting Activities (MEAs) Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol 2, No.1. Halaman 46-49

Kuspriyanto, B dan Siagian, S. ((2013). Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Teknologi Pendidikan Guru SMA Negeri 1 Tanjungtiram Medan. Vol.6, No. 2. Halaman 134-140.

Halim, Z. F dan Soerjono, B. S. (2013). Model Pembelajaran Cooperative Dengan Pendekatan Active Learning Pada Materi Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. Vol.1.No.1. Halaman 83-96

Downloads

Published

2018-08-06

Issue

Section

Articles