PENINGKATAN PEMAHAMAN SAINS SISWA MELALUI PENERAPAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN SAINS DI SD NEGERI NO. 03 RANYAI HILIR KECAMATAN SEBERUANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
DOI:
https://doi.org/10.31932/ve.v7i1.66Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan keterampilan proses sains (KPS), aktivitas, respon belajar dan peningkatan pemahaman sains siswa di Sekolah Dasar Negeri 03 Ranyai Hilir Kecamatan Seberuang. Penelitian adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek adalah siswa kelas III yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi langsung, komunikasi tidak langsung, pengukuran dan dokument. Alat pengumpulan data yaitu lembar observasi, angket respon, tes tertulis dan dokumentasi. Hasil rekapitulasi observasi aktivitas guru meningkat dari 71% menjadi 88%. Aktivitas belajar siswa meningkat dari 47% menjadi 74%. Respon siswa sebesar 83% menunjukan siswa sangat senang dengan penerapan pendekatan KPS. Hasil soal tes prasiklus pemahaman siswa rata-rata 53,31, meningkat menjadi 58,73%, meningkat 73,21. Kesimpulkan penerapan pendekatan Keterampilan Proses Sains (KPS) dapat meningkatkan pemahaman pada materi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.                                                                       Â
Kata Kunci: Pemahaman, Pendekatan, Keterampilan Proses, SainsReferences
Amri, S, (2013). Peningkatan Mutu
Pendidikan Sekolah Dasar dan
Menengah Dalam Teori, Konsep
dan Analisis. Jakarta: Prestasi Pustakaraya. Barokah, A, (2014). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran IPA Materi Pengungkit. Skripsi,(Oneline) http://repository.upi.edu/12395/,diakses 12 Oktober 2015)
Devi, K. P, (2010). Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran IPA Untuk Guru SD. Bandung: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA).
Gagaramusu, Y, (2014). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Pernapasan Pada Tumbuhan di Kelas IV SDN 2 Laantula Jaya Kecamatan Wita Ponda Kabupaten Morowali.
Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol. 3 No. 2 ISSN 2354-614X.
{Online} Tersedia:download.portalgarud
a.org/article.php?...Penerapan%...(18 Januari 2015).
Handayani, F. D, (2011). Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Pada Konsep Laju Reaksi di SMA Muhammadiyah 25.
Setiabudi Pamulang 2010. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. {Online}Tersedia:
eprints.uns.ac.id/3034/1/130220508201001251.pdf 08 Mei 2015.
Ningrum, K. W, (2014). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Pada Pokok Bahasan Energi Bunyi di Kelas V SDN Ciburial Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pedagogik Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia 2014. {Online} Tersedia:repository.upi.edu/139 64/. 18 Januari 2015. Samatowa, U,(2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Permata Puri Media.
Trianto, (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.