PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI UANG DAN BANK DI KELAS XA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I KAYAN HILIR TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Authors

  • Avelius Dominggus Sore STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Seli Marselina STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

DOI:

https://doi.org/10.31932/ve.v7i1.62

Abstract

Fokus  masalah  dalam  penelitian  ini adalah 1. Penerapan Model Pembelajaran Make a Match  untuk  Meningkatkan  Hasil  Belajar Siswa  Pada Materi Uang Dan Bank di Kelas XA Sekolah Menengah Atas Negeri I Kayan Hilir  Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan umum yaitu untuk mengetahui bagaimanakah Penerapan Model PembelajaranMake a Match untuk  Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Uang Dan Bank di Kelas XA Sekolah  Menengah Atas Negeri I Kayan Hilir Tahun Pelajaran 2014/2015â€.Variabel. Penelitian  ini menggunakan metode penelitian kualitatif  dengan  bentuk  Penelitian  Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus.. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, teknik pengukuran dan teknik komunikasi  langsung, sedangkan alat pengumpul data berupa lembar observasi, lembar tes dan lembar wawancara. Adapun hasil dari penelitian ini sebagai berikut: 1). Proses pelaksanaan model pembelajaranMake a Matchdi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kayan Hilir pada materi uang dan bank memiliki aktivitas belajar siswa yang tinggi dengan diterapkannya model pembelajaran Make a Match. Hal ini dibuktikan dengan keadaan belajar siswa yang selalu tenang dan aktif dalam belajarnya. 2) Hasil belajar siswa Kelas XA Sekolah Menengah Atas Negeri 1 kayan hilir dengan diterapkannya model Make a Match pada materi Uang dan Bank menunjukkan nilai rata-rata untuk siklus I sebesar 68,91 dan siklus II sebesar 74,06. 3) terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran Make A Match pada siswa Kelas XA Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kayan Hilir pada materi uang dan bank. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata ketuntasan klasikal yakni pada siklus I diperoleh 68,75% (22 siswa) yang tuntas dan pada siklus II meningkat menjadi 90,62% (29siswa) yang tuntas.

 

Kata kunci : model Make a Match, siswa.

References

Agung, I. (2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni

Anita lie (2010). Proposal skripsi penerapan pendekatan kooperatif learning tipe Make A match. (online), tersedia: http://www.sahmanm 2 com blogspot.com/2011/09/proposal-skripsi-penerapan-pendekatan.html. (diakses 11 April 2105).

Arifin, Z. (2013). Evaluasi pembelajaran prinsip teknik prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya

Hanifah, N. dan Suhana, C (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung:Refika Aditama

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis Dan Paradigmatis. Yogyakarta : pustaka pelajar

Indrastuti, N. (2010). Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta : Cv sindunata

Kunandar, (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Nordiana, (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi Program Studi Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Tidak diterbitkan

Pujiati, (2010). Buku Ajar Acuan Pengayaan Ekonomi Untuk SMA/MA Semester 2. Solo: sindunata

Sudjana, N. (2009). penilaian hasil proses belajar mengajar . Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono, (2012).Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhartono, S. (2009). Filsafat Pendidikan. Jakarta: Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT).

Trianto, (2011). Panduan Lengkap Peneliatian Tindakan Kelas (Classroom Action Researchl) Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Widodo, A. (2006). Profil Pertanyaan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Sains[Online].Tersedia:(http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/4206139148.pdf. (diakses 12 Januari 2015).

Downloads

Published

2018-08-06

Issue

Section

Articles