PENGARUH PELAKSANAAN KODE ETIK MAHASISWA TERHADAP DISIPLIN MAHASISWA DI LINGKUNGAN KAMPUS IKIP PGRI PONTIANAK

Authors

  • Yuliananingsih Yuliananingsih Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak
  • Fety Novianty Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak
  • M. Anwar Rube’i Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31932/ve.v8i1.59

Abstract

Dalam pembentukan masyarakat yang modern ini, Perguruan Tinggi bertugas menciptakan tenaga-tenaga ahli yang memiliki pengetahuan tinggi dan mampu mengembangkan ilmunya melalui teknologi yang akhirnya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Hal tersebut biasa disebut dengan  Tri Darma Perguruan Tinggi. Di dalam Perguruan Tinggi pasti dikenal yang namanya Tri Darma Perguruan Tinggi, karena hal itu adalah tujuan dari didirikanya suatu Perguruan Tinggi, yaitu menciptakan lulusan mahasiswa yang berpendidikan, dan berguna tidak hanya untuk dirinya sendiri,namun juga berguna bagi masyarakat Indonesia. Berkaitan dengan itu, sudah seharusnya Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak mempunyai kebebasan dalam melaksanakan bawaan kodrat akal manusia untuk mencapai kenyataan dan kebenaran, yaitu suatu kebebasan yang disebut kebebasan akademik. Agar pelaksanaan kebebasan akademik dapat terselenggara dengan baik di IKIP PGRI Pontianak, perlu dibuat ketentuan yang berdasarkan nilai-nilai atau norma-norma sebagai suatu ketetapan mengikat yang disebut kode Etik Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak.

References

Alan Januszewski and Michael Molenda. 2008. Educational Technology: a Definition With Commentary. New York: Taylor and Francis Group, LLC

Anshari, E.S. 1989. Ilmu Filsafat Agama. Surabaya: Bina Ilmu.

Budiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Solo: UNS Press.

Borg, Walter R. & Gall, Meredith Damien. 1983. Educational Research : an Introduction (4d ed.). New York &London : Longman

Harahap, SS. 2011. Etika Bisnis dalam Perspektif Islam. Jakarta: Salemba Empat.

Hurlock. 1969. Perkembangan Anak. Jilid II Alih Bahasa Meistasari Tjandra. Jakarta: PT. Erlangga.

Imron, A. 2012. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Lemhanas. 1997. Disiplin Nasional. Jakarta: PT Balai Pustaka

Ludigdo, U. 2007. Paradoks Etika Akuntan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Marifin. 1991. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Muntahibun, M. 2011. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.

Pedoman Operasional IKIP PGRI Pontianak tahun 2015/2016.

Prihatin, E. 2011. Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Prijodarminto, S. 1994. Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta: PT Pradnya Paramita.

Rosyad, A,F. 2004. Mengenal Alam Suci: Filsafat dan Tradisi. Yogyakarta: Kutub.

Samsudin. 1995. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Surakarta: PT Tiga Serangkai Mandiri

Soekanto, S. 2007. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta. Rajagrafindo Persada.

Sholihin, M, dkk. 2003. Akhlak Tasawuf: Manusia, Etika dan Makna Hidup. Bandung: Nuansa.

Simamora, H. 2002. Auditing I. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Jakarta: Alfabeta

Priatna, T. 2012. Etika Pendidikan (Panduan bagi Guru Profesional). Bandung: CV. Pustaka Setia

.

Tu’u, T. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo

Downloads

Published

2018-08-06

Issue

Section

Articles