STUDI KOMPARASI PELAKSANAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PKn BERBASIS KTSP OLEH GURU PKn
DOI:
https://doi.org/10.31932/ve.v8i1.58Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan tentang pelaksanaan strategi pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis kurikulum tingkat satuan pendidikan. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, bentuk penelitian studi causal comperative, jumlah populasi 124, jumlah sampel 89, teknik penelitian yang digunakan adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, teknik komunikasi tidak langsung dan teknik studi dokumenter. Alat penelitian yang digunakan panduan observasi, panduan wawancara, dokumentasi dan angket sedangkan teknik pengolahan data dipergunakan teknik t-test. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: Terdapat Perbedaan Yang Berarti Antara Pelaksanaan Strategi Pembelajaran PKn Berbasis KTSP Oleh Guru PKn Pada Siswa Kelas VIII Antara SMP N 1 Kayan Hilir Dengan SMP N 2 Kayan Hilir. Secara rinci dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Pelaksanaan strategi pembelajaran PKn berbasis KTSP oleh oleh guru pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas VIII di SMP N 1 Kayan Hilir tergolong “Baikâ€. 2) Pelaksanaan strategi pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis KTSP oleh oleh guru pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas VIII di SMP N 2 Kayan Hilir tergolong “Baikâ€. 3) Terdapat perbedaan pelaksanaan strategi pembelajaran Pkn berbasis KTSP oleh oleh guru PKn pada siswa kelas VIII antara SMP N 1 Kayan Hilir dengan SMP N 2 Kayan Hilir sebesar 2,0.                          Â
Kata Kunci: Studi Komparasi, Strategi, Â Pembelajaran, Pelaksanaan, Berbasis KTSP, Guru PknReferences
Mulyasa, E.(2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Undang–Undang Pendidikan NO. 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional, Semarang: Aneka Ilmu
Sumber: http:// www. Depdiknas. Go. Id/index.php?option=com_conten&task=view&id=148&Itemid=2.
Subana M. dan Sudrajat (2000) Statistik Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia
Sugiyono (2006) Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.