PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEBAK KATA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS V

Authors

  • Nur Syamsiyah STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Nelly Wedyawati STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

DOI:

https://doi.org/10.31932/ve.v8i1.57

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tebak kata terhadap hasil belajar siswa pada materi pesawat sederhana kelas V SDN 02 Lengkenat. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dan bentuk penelitian yang digunakan yaitu Quasi-eksperimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data meliputi teknik observasi langsung, teknik pengukuran, teknik komunikasi tidak langsung dan teknik dokumentasi dan alat pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar observasi, soal tes dan angket. Setelah dianalisis diketahui bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tebak kata terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dengan data posttest nilai thitung adalah 2,816 sedangkan nilai ttabel pada α = 5% dengan db (N1 + N2 = 39) adalah 2,042. Hal ini berarti thitung > ttabel yaitu 2,816 > 2,042 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tebak kata terhadap hasil belajar siswa pada materi pesawat sederhana kelas V SDN 02 Lengkenat.

 

Kata Kunci : Pengaruh, Kooperatif, Tebak Kata, Belajar

References

Husna. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Tebak Kata Dapat

Meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas XI IA2 Materi Sel Pelajaran Biologi Pada SMA Negeri 6 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu. Volume 17, No.2. (http://jurnal2.serambimekkah.ac.id, diakses 22 Maret 2016).

Riduwan, 2011. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Said, A. dan Budimanjaya. A. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences. Jakarta : Prenada Media Group.

Samatowa, U. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suprijono, A. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Jawa Timur: Masmedia Buana Pustaka

Nugrohowati, O. 2014. Penggunaan Metode Permainan Tebak Kata Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peninggalan Sejarah Kerajaan Hindu Budha. Jurnal IPI. Volume 1 No. 4. (http://id.portalgaruda.org, diakses 26 Maret 2016).

Sulasmi, E. 2013. Peningkatan Motivasi belajar Melalui Layanan Bimbingan kelompok Dengan Permainan Tebak Kata Pada Siswa Kelas VII A SMPN 5 Natar Lampung Selatan. Jurnal IPI. Volume 1 No. 4 (http://id.portalgaruda.org, diakses 26 Maret 2016).

Wahyuni, T. 2014. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Kooperatif Teknik Tebak Kata Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan. Volume 3, No, 11. (http://jurnal untan.ac.id, diakses 26 Maret 2016).

Yuswanjaya, W. 2014. Pengaruh Media Audio Visual Tebak Kata Terhadap Perkembangan Kosa Kata Anak Tuna Rungu Kelas 1 di SDLB- BNganjuk. Jurnal Unesa. Volume 4 No. 1. (http://ejournal unesa.ac.id, diakses 22 Maret 2016).

Downloads

Published

2018-08-06

Issue

Section

Articles