ANALISIS SIKAP BELAJAR SISWA KELAS TINGGI PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
DOI:
https://doi.org/10.31932/ve.v8i1.56Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah ditemukan bahwa guru yang mengajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) masih menggunakan metode ceramah atau metode konvensional dan penggunaan media jarang digunakan selama proses pembelajaran berlangsung serta kondisi guru di sekolah tersebut rata-rata hampir pensiun. Tujuan dalam penelitian ini adalah Menganalisis dan Mendeskripsikan Sikap Belajar IPA Siswa di Kelas Tinggi Sekolah Dasar Negeri 12 Jerora Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif sedangkan metodenya adalah metode survei. Teknik dan alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi tidak langsung, teknik komunikasi langsung, teknik observasi langsung dan studi dokumentasi. Sedangkan alat pengumpul data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah dianalisis komponen kognitif= 74%, komponen afektif= 77% dan komponen konatif= 80. Nilai thitung tersebut kemudian dibandingkan dengan nilai ttabel dengan dk adalah 148 (dk= n-1= 148-1= 147) dengan taraf kesalahan α= 5% pada uji satu pihak (one tail test) yaitu sebesar 1,645. Sehingga didapati nilai thitung 15,972 > 1,645 ttabel. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis pada uji satu pihak (one tail test) yaitu sisi kiri, maka H0 diterima sedangkan Ha ditolak. Dapat disimpulkan bahwa sikap belajar IPA siswa di kelas tinggi Sekolah Dasar Negeri 12 Jerora Tahuan Pelajaran 2016/2017 adalah lebih dari atau sama dengan 75% termasuk kategori “baikâ€.
Â
Kata Kunci: Sikap, Belajar, Kelas, Tinggi dan IPAReferences
Arpinda, M. S. 2015. “Analisis Sikap Belajar Pada Siswa Kelas Tinggi Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Dasar Negeri 04 Sungai Ayakâ€. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa. Volume 1 No. 1 Halaman 5. (http://google.co.id, Diakses 25 agustus 2016)
Azwar, S. 2011. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta : Liberty.
Effendi, S dan Tukiran. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta : LP3ES
Pebiyanti, D. 2013. Pengaruh Sikap Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Ekonomi Pada SMA. Artikel Ilmu pendidikan. (http://google.co.id, diakses 25 agustus 2016).
Sari, H. M. K. 2014. “Pengaruh Sikap Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Taman Mulia Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Rayaâ€. Artikel Penelitian. Pontianak. Universitas Tanjungpura. (http://google.co.id, diakses 25 agustus 2016).
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta. Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkatan Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta. Bumi Aksara.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional . 2003: 3 pasal 1.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.