HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.31932/ve.v4i2.447Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan kedisiplinan belajar siswa dengan hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian korelasi. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari 2, yaitu variabel bebas: kedisiplinan belajar siswa, variabel terikat: hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 27 orang siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 27 orang siswa yang merupakan siswa kelas X dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan aadalah angket dan dokumen. Nilai rata-rata jawaban angket dari sampel adalah 85,48. Setelah data dihitung secara statistik diperoleh r hitung sebesar 0,861 yang berarti berada pada rentang nilai 0,80-1,000 dengan kategori sangat kuat. Hasil dari rumus determinan diperoleh KP = 74,13%. Dari hasil uji signifikan diperoleh t hitung sebesar 8,474 dimana pada taraf kesalahan sebesar 5% dan derajat kebebasan dk = n-2, dk = 27-2 dk = 25, untuk nilai r tabel 2,060. Maka t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 7,474>2,060.
Kata Kunci: Kedisiplinan Belajar Siswa dan Hasil Belajar SiswaReferences
Ali Muhidin, Sambas dan Abdurahman, Maman. 2007. Analisis korelasi, regresi,
dan jalur dalam penelitian. Bandung. Pustaka setia.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta. Rineka cipta.
Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2010. Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi pressindo.
Taniredja, H. Tukiran. 2009. Pendidikan Kewarnegaraan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Bandung: ALFABETA CV.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.