PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN METODE INKUIRI PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VC SD NEGERI 18 LADANG SINTANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
DOI:
https://doi.org/10.31932/ve.v4i2.444Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah keaktifan belajar siswa. Peningkatan keaktifan belajar siswa serta pengaruhnya keaktifan belajar siswa sekolah dasardengan metode inkuiri pada pokok bahasan perumusan dasar negara sebagai persiapan kemerdekaan. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Peneliti ini dilaksanakan dalam dua siklus dan di dalam setiap siklus pelaksanaannya sama, maksudnya metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode inkuiri sebagai metode dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi langsung, teknik wawancara, teknik pengukuran, teknik studi dokumentasi. Berdasarkan analisis data penelitian tindakan kelas tersebut, hasil observasi yang diperoleh dari penerapan metode diskusi dalam meningkatkan kemampuan dalam pembelajaran Perumusan Dasar Negara Sebagai Persiapan Kemerdekaan di kelas VC sekolah dasar negeri 18 ladang sintang dapat diterapkan dengan baik. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi siswa yang berupa 7 pertanyaan yang bertujuan untuk memperoleh data tentang keaktifan belajar siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa dari siklus I memperoleh rata-rata 64.75 (kategori cukup) dan hasil dari siklus II siswa memperoleh rata-rata 84.75 (kategori baik).
Â
Kata Kunci: Keaktifan Belajar Siswa dan Metode Inkuiri
References
Anita, 2002. Cooperative Learning. PT Gramedia Jakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.
Sapriya, 2002. Studi sosial: Konsep dan Model Pembelajaran. Bandung Buana Nusantara.
Sugiyono, 2010. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung:Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.