REVOLUSI INDUSTRI 4.0: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITES PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TKJ

Authors

  • Anyan Anyan STKIP Persada Khatulistiwa
  • Yayan Adrianova Eka Tuah STKIP Persada Khatulistiwa

DOI:

https://doi.org/10.31932/ve.v15i1.3534

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini membahas pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Google Sites untuk kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di era Revolusi Industri 4.0 pada materi Peripheral Komputer. Tujuan utama adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan memotivasi siswa serta guru dengan penggunaan teknologi digital. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima langkah atau tahap yakni analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Data dalam penelitian ini diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Validasi media pembelajaran dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, menghasilkan skor rata-rata 84,67% dan 85% yang keduanya masuk dalam kategori sangat layak. Implementasi media ini diuji coba pada siswa dan guru SMK Negeri 1 Dedai kelas X TKJ, menghasilkan penilaian rata-rata 85,67% dari guru dan 91,67% dari siswa, yang menunjukkan kategori sangat layak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis web dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran, serta memfasilitasi interaksi yang lebih baik antara siswa dan guru. Pengembangan diri guru dalam menguasai teknologi digital juga menjadi faktor kunci dalam keberhasilan penerapan media pembelajaran di era kemajuan teknologi masa kini.

Kata Kunci: Google Sites, Media Pembelajaran Interaktif, Pengembangan, Peripheral Komputer

 

ABSTRACT

This study discusses the development of interactive learning media based on Google Sites for Computer and Network Engineering (CNE) competency in the era of the Fourth Industrial Revolution, specifically on Computer Peripherals material. The main objective is to improve the quality of learning and motivate students and teachers through the use of digital technology. This type of research is development research or Research and Development (R&D) using the ADDIE model, which consists of five steps: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The data in this study were obtained in the form of qualitative and quantitative data. The validation of the learning media was conducted by subject matter experts and media experts, resulting in average scores of 84.67% and 85%, both of which fall into the very feasible category. The implementation of this media was tested on students and teachers at Vocational High School 1 Dedai in class X CNE, resulting in average ratings of 85.67% from teachers and 91.67% from students, indicating a very feasible category. The results of the study show that web-based learning media can enhance the effectiveness and efficiency of learning and facilitate better interaction between students and teachers. The professional development of teachers in mastering digital technology is also a key factor in the successful implementation of learning media in the current era of technological advancement.

Keywords: Google Sites, Interactive Learning Media, Development, Computer Peripherals

References

Anyan, A., Ege, B., & Faisal, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Power Point. JUTECH : Journal Education and Technology, 1(1). https://doi.org/10.31932/jutech.v1i1.690

Aziz Hussin, A. (2018). Education 4.0 Made Simple: Ideas For Teaching. International Journal of Education and Literacy Studies. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.6n.3p.92

Blog. (2021). 5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memberi Tugas ke Siswa. Available at: https://bpkpenabur.or.id/news/blog/5-hal-yang-harus-dipertimbangkan-sebelum-memberi-tugas-ke-siswa. Access date: 05 Agustus 2022.

Bui, V. H., & Do Van Dung. (2019). Development of Vietnamese Vocational Education Teachers to adapt the Industrial Revolution 4.0. Asian Journal of Interdisciplinary Research, 2(4). https://doi.org/10.34256/ajir1941

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Eka Tuah, Y. A., Sudira, P., Mutohhari, F., & Kusuma, W. M. (2021). The Competency of Pedagogic and Professional of Vocational Teachers in Implementing 21st Century Skill-Based Learning. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 54(2), 244. https://doi.org/10.23887/jpp.v54i2.35336

Faradayanti, K. A., & Dkk. (2020). Kepraktisan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Menunjang E-Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Di Smk. Pendidikan Teknik Elektro, 09(1), 675–683.

Harahap, A. R. (2019). Pendidikan teknik elektro fakultas teknik universitas negeri medan 2019. 5133331026.

Latubessy, A., Nindyasari, R., & Jazuli, A. (2021). Penggunaan Teknologi Sebagai Strategi Pembelajaran Efektif Pada Masa Pandemi Covid- 19 di Lembaga Pendidikan Ma ’ arif Demak. Jurnal Layanan Masyarakat, 3(2), 124–128.

Maryanti, N., Rohana, R., & Kristiawan, M. (2020). THE PRINCIPAL’S STRATEGY IN PREPARING STUDENTS READY TO FACE THE INDUSTRIAL REVOLUTION 4.0. INTERNATIONAL JOURNAL OF EDUCATIONAL REVIEW, 2(1). https://doi.org/10.33369/ijer.v2i1.10628

Mukti, W. M., N, Y. B. P., & Anggraeni, Z. D. (2020). Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google Sites pada Materi Listrik Statis. Webinar Pendidikan Fisika 2020, 5(1), 51–59. https://sites.google.com/view/fisikakuyess.

Pramuditho, A. A., & Trianto, N. (2022). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat FORDICATE Pelatihan Peripheral dan Troubleshooting Computer Pada Siswa-Siswi SMKN 1 Palembang. 1(2), 159. https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/fordicate/article/view/2413

Rahman, N., Maemunah, Haifaturrahmah, & Fujiaturahmah, S. (2020). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Bagi Guru SMP. Journal of Character Education Society, 3(3), 621–630.

Rijal, A. S., & Jaya, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru. IDEAS, 6(1), 81–96. https://doi.org/10.32884/ideas.v6i1.238

Rosiyana, R. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Google Sites Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Jarak Jauh Siswa Kelas Vii Smp Islam Asy-Syuhada Kota Bogor. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(2), 217–226. https://doi.org/10.33369/jik.v5i2.13903

Rulviana, V. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Prosiding Seminar Nasional PBSI UPY 2019, 161–164. http://prosiding.pbsi.upy.ac.id/index.php/2019/article/view/23

Salsabila, F., & Aslam. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites pada. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/971

Setyo Utomo, S. (2019). Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Pendidikan Sejarah FKIP UNDANA, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Simanihuruk, L. (2019). E-Learning: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Kota Medan. Yayasan Kita Menulis

Sofyan, H. (2018). Pendidikan Teknologi Kejuruan. Universitas Negeri Yogyakarta, 222.

Supriyanto. (2013). Jaringan Dasar Jaringan Dasar. Jaringan Dasar, 68.

Syukur, A., & Fallo, Y. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Anak dalam Mengenal Konsep Bilangan Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Alam. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i1.5365

Wagiran, Pardjono, & Sofyan, H. (2020). What industry needs of vocational school graduate competence in the era of industrial revolution 4.0. International Journal of Advanced Science and Technology, 2459–2470.

Downloads

Published

2024-04-30

Issue

Section

Articles