IMPLEMENTASI ASESMEN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA: KESULITAN DAN TANTANGAN GURU DI SEKOLAH DASAR KOTA SINTANG
DOI:
https://doi.org/10.31932/ve.v15i1.3386Keywords:
Impementasi Kurikulum Merdeka, Asesmen Diagnostik, Asesmen Formati, Asesmen SumatifAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini menyoroti tantangan implementasi asesmen pembelajaran kurikulum merdeka, terutama di Sekolah Dasar di Kota Sintang. Metode kualitatif deskriptif digunakan, melibatkan 22 guru dari 6 sekolah dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan: 1) kesulitan implementasi asesmen kurikulum merdeka berkaitan kurangnya pemahaman dan keterampilan dalam merancang instrumen, serta pemanfaatan hasil asesmen untuk meningkatkan pembelajaran; 2) tantangan implementasi asesmen kurikulum merdeka mencakup mencakup pengelolaan waktu, adaptasi terhadap kemampuan siswa, pemanfaatan teknologi, dan kebutuhan akan variasi instrumen asesmen yang beragam; 3) faktor penyebab problem implementasi kurikulum merdeka meliputi kurangnya pelatihan yang diperoleh terkait asesmen kurikulum merdeka, keterbatasan infrastruktur dan teknologi, serta resistensi dari berbagai pemangku kepentingan terhadap perubahan paradigma dalam pendekatan pembelajaran dan penilaian.
Kata Kunci:Â Impementasi Kurikulum Merdeka, Asesmen Diagnostik, Asesmen Formati, Asesmen Sumatif
ABSTRACT
This study sheds light on the hurdles associated with implementing the learning assessments of Kurikulum Merdeka, particularly within elementary classrooms in Sintang. Employing a qualitative descriptive approach, the study engaged 22 teachers from 6 schools through purposive sampling. The research findings reveal: 1) difficulties in implementing the assessments stem from inadequate comprehension and skills in crafting assessment tools, along with the utilization of assessment outcomes to bolster learning outcomes; 2) challenges in implementing the assessments encompass time management, adapting to students' varying abilities, integrating technology, and the necessity for a diverse array of assessment instruments; 3) key factors contributing to implementation issues with the independent curriculum include insufficient training on the independent curriculum assessment, limitations in infrastructure and technology, and resistance from diverse stakeholders towards paradigm shifts in teaching and assessment methodologies.
Keyword:Â Implementing of Kurikulum Merdeka, Diagnostic Assessment, Formative Assessment, Summative Assessment
References
Alfageh, D. H., York, C. S., Hodge-Zickerman, A., & Xie, Y. (2024). Elementary teachers’ use of adaptive diagnostic assessment to improve mathematics teaching and learning: A case study. International Electronic Journal of Mathematics Education, 19(1), em0768. https://doi.org/10.29333/iejme/14190
Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Ardanti, A., Herutami, I., Alhapip, L., Iswoyo, S., Hartini, Y., & Mahardika, R. L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., & Herutami, I. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen: Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Ardiansyah, A., Sagita, F., & Juanda, J. (2023). Assesmen dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 8–13.
Cresswell, J. W. (2014). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: Memilih di antara Lima Pendekatan (3rd ed.). Pustaka Pelajar.
Dirgantoro, K. P. S., & Soesanto, R. H. (2023). Towards a Paradigm Shift: Analysis of Student Teachers’ and Teacher Education Institutions’ Readiness on Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 185–201. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i2.4271
Kizi, G. M. G., & Shadjalilovna, S. M. (2022). Developing Diagnostic Assessment, Assessment for Learning and Assessment of Learning Competence Via Task Based Language Teaching. Academicia Globe: Inderscience Research, 3(4), 34–38.
Maulida, N., Ghasya, D. A. V., & Pranata, R. (2023). Deskripsi Kendala Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Negeri 74 Pontianak Barat. Journal on Education, 6(11).
Maut, W. O. A. (2022). Asesmen Diagnostik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SD Negeri 1 Tongkuno Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara. DIKMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Gorontalo, 2(4).
Ramdani, Z., Amrullah, S., & Tae, L. F. (2019). Pentingnya Kolaborasi dalam Menciptakan Sistem Pendidikan yang Berkualitas. Mediapsi, 5(1), 40–48. https://doi.org/10.21776/ub.mps.2019.005.01.4
Sucipto, Sukri, M., Patras, Y., & Novita. L. (2024). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1).
Sufyadi, S., Lambas, Rosdiana, T., Rochim, F. A. A., Novrika, S., Iswoyo, S., Hartini, Y., Primadonna, M., & Mahardhika, R. L. (2021). Panduan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA. Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kemenristekdikti.
Supriyadi, S., Lia, R. M., Rusilowati, A., Isnaeni, W., Susilaningsih, E., & Suraji, S. (2022). Penyusunan Instrumen Asesmen Diagnostik untuk Persiapan Kurikulum Merdeka. Journal of Community Empowerment, 2(2), 67–73. https://doi.org/10.15294/jce.v2i2.61886
Tanggur, F. S. (2023). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar di Wilayah Pedesaan Pulau Sumba. HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 2(2), 23–29. https://doi.org/10.37792/hinef.v2i2.993
Warsihna, J., Ramdani, Z., Amri, A., Kembara, M. D., Steviano, I., Anas, Z., & Anggraena, Y. (2023). Tantangan Dan Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka pada Jenjang SD: Sebuah Temuan Multi-Perspektif. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 296. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v11n1.p296--311
Yansah, O., Asbari, M., Jamaludin, G. M., Marini, A., & MS, Z. (2023). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Tantangan dan Peluang. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 48–52.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.