KESULITAN BELAJAR MATA KULIAH BAHASA INDONESIA PADA MAHASISWA SEKOLAH TINGGI AGAMA KATOLIK NEGERI PONTIANAK

Authors

  • Yusi Kurniati Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri Pontianak
  • Anggit Tiyas Fitra Romadani Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31932/ve.v14i2.2914

Keywords:

learning difficulties, students, Indonesian.

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar mata kuliah Bahasa Indonesia pada mahasiswa STAKat Negeri Pontianak dan mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi perkuliahan Bahasa Indonesia yang paling sulit dipahami oleh mahasiswa adalah materi tentang Menyusun Daftar Pustaka, Menulis Kutipan, dan Diksi. Kesulitan belajar tersebut disebabkan oleh berbagai faktor antara lain motivasi dan minat mahasiswa, kompetensi dosen, kompetensi mahasiswa, serta lingkungan dan sarana prasarana. Namun, dari berbagai faktor penyebab tersebut, faktor yang paling dominan adalah faktor kompetensi mahasiswa sebab masih banyak mahasiswa yang tidak aktif dalam perkuliahan yang disebabkan oleh tidak berani untuk berpendapat.

Kata Kunci: kesulitan belajar, Mahasiswa, Bahasa Indonesia.


ABSTRACT

This research aims to describe the difficulties in learning Indonesian language courses among STAKat Negeri Pontianak students and describe the causes of students' learning difficulties. This research is a qualitative descriptive study. The results of the research show that the Indonesian language lecture material that is most difficult for students to understand is the material on Compiling a Bibliography, Writing Quotes, and Diction. The lack of smooth learning is caused by various factors, including student motivation and interest, lecturer competence, student competence, as well as the environment and infrastructure. However, of the various causal factors, the most dominant factor is the student competency factor because there are still many students who are not active in lectures because they do not dare to express their opinion.

Keywords: learning difficulties, students, Indonesian. 

References

Astuti, A. W., & Istikhomah, H. (2014). Persepsi Mahasiswa Tentang Penggunaan Metode Pembelajaran pada Jurusan Kebidanan di Kampus III Politeknik Kesehatan Surakarta. Jurnal KesMaDaSka-Juli, 5(2), 75–82.

Ekowati, C. K., Samo, D. D., & Ng Njuka, K. T. (2021). Pengaruh Kecemasan, Kesulitan Belajar, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Kupang. Haumeni Journal of Education, 1(1), 31–33.

Falah, H., Agustiani, N., & Nurcahyono, N. A. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP Berdasarkan Motivasi pada Pembelajaran Daring. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 5(1), 8–17. https://doi.org/10.37150/jp.v5i1.1253

Jatmiko, A. (2018). Beberapa Kompetensi Dan Sikap Keprofesian Dosen Jurusan Pendidikan Biologi FTK UIN Raden Intan Lampung. BIOSFER Jurnal Tadris Pendidikan Biologi, 9(2), 151–163. Diambil dari http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/biosfer/index

Kemdikbud. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 84/E/KPT/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Mata Kuliah Wajib pada Kurikulum Pendidikan Tinggi (2020).

Kuntorini, R. S. (2021). Pengusaan Diksi sebagai Penguatan Soft Skill Komunikasi dan Negosiasi dalam Kompetensi Auditor bagi Mahasiswa Akuntansi. Kajian Akutansi, 22(1), 118–134.

Langi, F. M. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Bahasa Inggris. POIMEN: Jurnal Pastoral Konseling, 1(2), 74–84. Diambil dari http://ejournal-iakn-manado.ac.id/index.php/poimen

Lubis, M. S., Rahimah, A., & Lubis, I. S. (2019). Kesulitan-Kesulitan yang Dihadapi oleh Mahasiswa yang Mengampuh Mata Kuliah Bahasa Indonesia di Program Studi Bahasa Indonesia IPTS dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Jurnal Education and Development, 7(3), 193–199.

Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar dan Analisis Data dalam Perspektif Kualitatif. Sleman: Deepublish.

Marganingsih, A. (2018). Pengaruh Faktor Intern dan Faktor Ekstern Terhadap Kesulitan Belajar Mahasiswa pda Mata Kuliah Pengantar Akutansi I. JURKAMI: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 25–33.

Ma’rifah, D. R., & Indonesia, B. (2017). Diagnosis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(1), 88–94. Diambil dari http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi

Nurramadhani, A. (2019). Profil Kualitas Keterampilan Bertanya Mahasiswa Calon Guru dalam Pembelajaran Sains. PEDAGONAL, 3(2). Diambil dari http://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal

Perdana, F. J. (2020). Pelatihan Membuat Daftar Pustaka Otomatis dengan Aplikasi Mendeley Desktop bagi Mahasiswa dalam Persiapan Penyusunan Tugas Akhir. DIMASEJATI, 2(1), 75–92.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0†(hlm. 289–302).

Subagio, Erny Muliyani, S., & Muliadi, A. (2021). Pengaruh Lingkungan Kampus Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram |, 8(2), 275–284. Diambil dari https://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jiim

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (untuk penelitian yang bersifat: eksploratif. enterpretif, interaktif, dan konstruktif). Bandung: Alfabeta.

Surjana, A. agung G. M., & Yintayani, N. N. (2017). Pengaruh Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pada Jurusan Akutansi Politeknik Negeri Bali. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 13(2), 87–96.

Downloads

Published

2023-11-21

Issue

Section

Articles