PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SD

Authors

  • Sholikhatin Faizah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Iqnatia Alfiansyah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.31932/ve.v14i2.2854

Keywords:

Permainan Tradisional Engklek, Hasil Belajar, Bangun Datar.

Abstract

ABSTRAK

Model pengajaran yang tradisional dan membosankan seringkali menyebabkan kurangnya motivasi siswa, yang kemudian berujung pada kurangnya semangat dalam belajar. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memasukkan permainan tradisional seperti engklek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan permainan engklek dalam meningkatkan hasil belajar matematika bangun datar di kelas II SD Muhammadiyah 1 Sidayu Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pre-experimental pre-test and post-test design. Sebanyak 34 siswa kelas II dilibatkan dalam penelitian, dengan jumlah sampel 15 orang. Pada ujian sebelumnya, hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 65. Namun pada post-test, nilai rata-rata meningkat drastis menjadi 89,67. Analisis lebih lanjut dilakukan melalui uji t sampel berpasangan dengan tingkat signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa permainan tradisional engklek memberikan dampak positif terhadap hasil belajar matematika di kelas II SD Muhammadiyah 1 Sidayu ketika memanfaatkan materi bangun datar.

Kata Kunci: Permainan Tradisional Engklek, Hasil Belajar, Bangun Datar


ABSTRACT

Traditional and boring teaching models often lead to a lack of student motivation, which then leads to a lack of enthusiasm in learning. One way to overcome this is to include traditional games such as engklek. This study aims to determine the effectiveness of cranklek game in improving the learning outcomes of flat shape math in class II of SD Muhammadiyah 1 Sidayu, Sidayu District, Gresik Regency. This study used an experimental method with a pre-experimental pre-test and post-test design. A total of 34 grade II students were involved in the study, with a sample size of 15 people. In the previous exam, students' learning outcomes obtained an average score of 65. But in the post-test, the average score increased dramatically to 89.67. Further analysis was conducted through a paired sample t-test with a significance level of 0.05. This shows that the traditional game of engklek has a positive impact on mathematics learning outcomes in class II of SD Muhammadiyah 1 Sidayu when utilizing flat building material.

Keywords: Traditional Engklek Game, Learning Outcomes, Flat Buildings.

References

, Edi Supriadi. (2019). 5(2), 1–11.

, Elis Nurhayati. (2019). 5(2), 111–119.

Agustina, I. (2019). Pembelajaran Matematika di SD. Pendidikan Matematika I, December 2019, 17.

Alfiansyah, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (Nht) Pada Materi Kerusakan Lingkungan Di Kelas Iv Sekolah Dasar. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 25(1), 26. https://doi.org/10.30587/didaktika.v25i1.692

Berutu, A. (2013). Penerapan Metode Permainan Dengan Berbantuan Tangram Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 19(1), 9. https://doi.org/10.24114/jpp.v19i1.3041

Ekawati. (2018). Kesulitan Belajar Matematika Berkaitan dengan Konsep pada Topik Aljabar: Studi Kasus pada Siswa Kelas VII Sekolah ABCLampung. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education POLYGLOT, 14(1), 53–64.

Fasha, A., Johar, R., & Ikhsan, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metakognitif. Jurnal Didaktik Matematika, 5(2), 53–64. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i2.11995

Firmansyah, D. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 11(1), 86. https://doi.org/10.24114/jtp.v11i1.11199

Fitria, I. K., & Budiyono, H. (2021). … media petak persegi satuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran matematika materi luas dan keliling bangun datar kelas III SDN Tropodo 1 …. 1295–1304. https://media.neliti.com/media/publications/254620-none-9ecd069d.doc

Fitriyah, A., & Khaerunisa, I. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Drill Berbantuan Permainan Engklek Termodifikasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 267. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.653

Kusmiati, A. M., & Sumarno, G. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional terhadap Kemampuan Perseptual Motorik Anak di SDN Margawatu II Garut Kota. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(2), 17. https://doi.org/10.17509/tegar.v1i2.11934

Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76. https://doi.org/10.15575/ja.v3i1.1499

Maslaha, & Mardiana Pangabean, E. (2022). Implementasi Teori Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Thinking Aloud Pair Problem Solving (Tapps). Journal of Mathematics in Teaching and Learning, 1(1), 22–27. https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/matematika/article/view/1046

Mufarizuddin. (2018). Analisis Kesulitan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 012 Bangkinang Kota. Jurnal Pendidikan, 1(1), 40–47.

Mursalin. (2016). Pembelajaran Geometri Bidang Datar di Sekolah Dasar Berorientasi Teori Belajar. Jurnal Dikma, 4(2), 250–258. http://repository.unimal.ac.id/2482/1/Artikel Mursalin Pada Dikma Vol 4 No 2 Oktober 2016.pdf

Nurhasanah, F., Kusumah, Y. S., & Sabandar, J. (2017). Concept of Triangle: Examples of Mathematical Abstraction in Two Different Contexts. International Journal on Emerging Mathematics Education, 1(1), 53. https://doi.org/10.12928/ijeme.v1i1.5782

Prasetyo, E., & Hardjono, N. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Terhadap Minat Belajar Matematika (Mtk) Siswa Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Prihastari, E. B. (2015). Pemanfaatan Etnomatematik Melalui Permainan Engklek Sebagai Sumber Belajar. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2010), 155–162.

Siregar, N., & Lestari, W. (2018). Peranan permainan tradisional dalam mengembangkan kemampuan matematika anak usia sekolah dasar. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 1. https://doi.org/10.26486/jm.v2i1.427

Soekardjo, M., & Sugiyanta, L. (2018). Analisis Strategi Pembelajaran Matematika Kurkulum 2013 Dalam Rangka Meningkatkan Nilai Pisa Matematika. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 42–64. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.05

Downloads

Published

2023-11-21

Issue

Section

Articles