IMPLEMENTASI KEBIJAKAN WAJIB BELAJAR SEMBILAN TAHUN DI KECAMATAN DEDAI KABUPATEN SINTANG

Authors

  • Rupinus Rupinus Universitas Terbuka
  • Arifin Arifin Universitas Tanjung Pura
  • Tora Akadira Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.31932/ve.v14i2.2852

Keywords:

wajib belajar sembilan tahun

Abstract

ABSTRAK

Program wajib belajar sembilan tahun merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mendorong terwujudnya akses pendidikan yang bermutu di daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program wajib belajar sembilan tahun di kecamatan Dedai, kabupaten Sintang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Area penelitian adalah sekolah negeri dan swasta jenjang sekolah menengah pertama di kecamatan Dedai. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan pola analisis interaktif, sementara penarikan kesimpulan secara induktif melalui proses triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada beberapa faktor yang menentukan keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan program wajib belajar sembilan tahun di kecamatan Dedai yakni (1) faktor sosial, ekonomi dan tingkat pendidikan orangtua siswa yang rendah sehingga menghambat siswa untuk mengakses pendidikan secara lebih berkualitas, (2) faktor geografis, jarak tempuh dari rumah ke sekolah yang memakan waktu 3-4 jam di musim hujan dan kemarau sehingga mempersulit siswa mengikuti pelajara, (3) akses teknologi internet dan listrik yang masih belum memadai sehingga berdampak pada kemampuan teknologi guru dan siswa dalam mengakses pembelajaran (4) kebijakan pendidikan yang belum sinkron dan berpihak pada pengembangan dan pemenuhan akses pendidikan secara merata bagi siswa di sekolah pedalaman dan pedesaan. Agar program wajib belajar sembilan tahun dapat berhasil maka diperlukan evaluasi dan perbaikan kebijakan secara utuh sesuai dengan permasalahan pendidikan di daerah.

Kata Kunci: Wajib belajar sembilan  tahun


ABSTRACT

The nine-year compulsory education program is the government's effort to improve the quality of human resources and encourage access to quality education in the regions. This research aims to describe the implementation of the nine-year compulsory education program in Dedai sub-district, Sintang district. The research method used is qualitative research. The research area is public and private schools at junior high school level in Dedai sub-district. Data collection techniques use interview techniques, observation and documentation studies. Data analysis uses interactive analysis patterns, while conclusions are drawn inductively through a process of triangulation of techniques and sources. The results of this research show that there are several factors that determine the success and failure of implementing the nine-year compulsory education program in Dedai sub-district, namely (1) social, economic factors and the low level of education of students' parents, which prevents students from accessing higher quality education, (2) geographical factors, the distance from home to school which takes 3-4 hours in the rainy and dry seasons, making it difficult for students to attend lessons, (3) access to internet technology and electricity which is still inadequate, which has an impact on the technological capabilities of teachers and students in accessing learning (4) education policies that are not yet synchronized and support the development and fulfillment of equal access to education for students in remote and rural schools.In order for the nine-year compulsory education program to be successful, it is necessary to fully evaluate and improve policies in accordance with regional education problems.

Keywords: nine years of compulsory education

Author Biography

Rupinus Rupinus, Universitas Terbuka

Teacher Educator

References

Baxter, P., & Jack, S. (2008). Qualitative case study methodology: Study design and implementation for novice researchers. The Qualitative Report, 13(4), 544–559. https://doi.org/citeulike-article-id:6670384.

BPS Kabupaten Sintang. (2020). Indeks pembangunan manusia di kabupaten Sintang tahun 2015-2019. Badan Pusat Statistik Kabupaten Sintang. https://sintangkab.bps.go.id/.

Candls. (2019, January). Teaching as a process. Georgetown University, 1–2. https://cndls.georgetown.edu/atprogram/twl/effective-teacher/

Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan (S. . Soectjipto, H.P.,& Soetjipto (ed.); Terjemahan). Pustaka Pelajar.

Denzin, Norman K., & Lincoln, Y. S. (2011). The Sage handbook of qualitative research. SAGE Publications.

Dike, Daniel, & Parida, L. (2016). Persepsi dan konsepsi mutu pendidikan sekolah dasar. Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(2), 197–211. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/view/112/122.

Dike.D. (2017). Pendidikan multikultural sekolah dasar di wilayah 3T. Pendidikan Dasar PerKhasa, 3(April), 277–287. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/view/112/122.

Dike, D., Parida, L., & Welerubun, I. (2020). Teachers’ awareness on multicultural values and attitudes: A case of multicultural education in Indonesian elementary schools. Journal of Critical Reviews, 7(7). https://doi.org/10.31838/jcr.07.07.151.

Dike, Daniel, Parida, L., & Stevanus, I. (2020). Micro strategy and character educational transformation in elementary school during the covid-19 pandemic of sintang distric, west kalimantan province. European Journal of Molecular and Clinical Medicine, 7(8), 775–786. https://ejmcm.com/article_3196.html.

Herwanto. (2007). Wajib belajar sembilan tahun (wajar) dalam perspektif peningkatan mutu pendidikan dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 16, 77–86. https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id.

Indra Akuntono. (2012, August). Wajib belajar 9 tahun dinilai belum tuntas. Kompas.Com. https://edukasi.kompas.com.

Ismail. (2014). Analisis arah kebijakan pelaksanaan wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun yang merata dan berkualitas di kota makassar. Jurnal Administrasi Publik, 4(1), 15–29. https://ojs.unm.ac.id.

Jamun, Y. M. (1996). Dampak teknologi terhadap pendidikan. 10, 48–52.

Soedjono. (2022). Transformasi digital manajemen pendidikan. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 16(1), 103–107. https://doi.org/https://dx.org/10.26877/mpp.v16i1.12148.

Stake, R. E. (2005). Qualitative case studies. In N.K. Denzin & Y. . Lincoln (Eds.), The Sage Handbook of Qualitative Research (pp. 443–466). Sage Publications Ltd.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfa Beta.

Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Wasley, P. a, Lieberman, A., Mcdonald, J. P., & Talbert, J. E. (2004). The teaching career: The series on school reform (J. . Goodlad,I., & McMannon (ed.)). Teachers College Press.

Yin, R. K. (2009). Case study research: Design and methods (5th ed.). Sage Publications, Inc.

Downloads

Published

2023-11-21

Issue

Section

Articles