PENGARUH MEDIA PERMAINAN PASIR KINETIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS 2 SDLB-C1 DI SLB-B NEGERI PEMBINA PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31932/ve.v14i2.2835Keywords:
Kemampuan Menulis Pemulaan, Tunagrahita Sedang, Media Permainan Pasir KinetikAbstract
ABSTRAK
Menulis permulaan merupakan tahap awal menguasai kemampuan menulis lanjutan dan merupakan prasyarat untuk 3 belajar pada tahap selanjutnya. Sebelum seorang anak menguasai kemampuan menulis dengan baik, perlu adanya prasyarat dalam menulis yang harus dikuasai yaitu kemampuan dalam menulis permulaan. kemampuan motorik halus atau kemampuan menulis anak sangatlah penting untuk dikuasai oleh anak-anak sejak usia dini hingga dewasa, sebab dari kemampuan menulis, tulisan seorang anak dapat mencerminkan karakternya, menambah percaya diri anak, mengekspresikan diri, dan kemampuan fisik. Bagaimanapun juga belajar menulis adalah salah satu kunci kesuksesan di dalam pendidikan dan kehidupan yang lebih luas. Berdasarkan uji hipotesis (paired sample t-test) diperoleh nilai rata-rata t = -24.832 dan sig.(2-tailed) = 0.000 maka t<0.05 dan p<0.01. Maka terdapat perbedaan hasil signitifikan antara hasil kemampuan menulis permulaan pada data pretest dan data posttest yang artinya ada pengaruh media permainan pasir kinetik terhadap kemampuan menulis permulaan pada anak tunagrahita sedang kelas 2 SDLB-C1 di SLB-B Negeri Pembina Palembang.
Kata Kunci: Kemampuan Menulis Pemulaan, Tunagrahita Sedang, Media Permainan Pasir Kinetik
ABSTRACT
Beginning writing is the initial stage of mastering advanced writing skills and is a prerequisite for learning at the next stage. Before a child masters the ability to write well, there needs to be a prerequisite for writing that must be mastered, namely the ability to write initially. Children's fine motor skills or writing skills are very important for children to master from an early age to adulthood, because from writing skills, a child's writing can reflect his character, increase the child's self-confidence, self-expression and physical abilities. After all, learning to write is one of the keys to success in education and life more broadly. Based on the hypothesis test (paired sample t-test), the average value t = -24.832 and sig.(2-tailed) = 0.000, so t<0.05 and p<0.01. So there is a significant difference in the results between the results of initial writing ability in the pretest data and posttest data, which means that there is an influence of the kinetic sand game media on the initial writing ability of mentally retarded children in class 2 SDLB-C1 at SLB-B Negeri Pembina Palembang.
Keywords: beginning writing skills, moderate mental redartion, kinetic sand play mediaÂ
References
Abdul, V. S. E., Ardini, P. P., & Utoyo, S. (2023). Kinetic Sand And The Coordination Of Eye And Hand For Children In Gorontalo. In R. Harold Elby Sendouw, T. Pangalila, S. Pasandaran, & V. P. Rantung (Eds.), Proceedings Of The Unima International Conference On Social Sciences And Humanities (Unicssh 2022) (Pp. 1449–1454). Atlantis Press Sarl. Https://Doi.Org/10.2991/978-2-494069-35-0_174
Agusalim, Suryanti, & Madiani, L. O. (2022). Konsep Pembelajaran Bahasa Indonesia Sd Kelas Tinggi. Cv. Bintang Semesta Media.
Alawiyah, A. R., Mulyana, E. H., & Apriliya, S. (2018). Model Inkaber Sebagai Inovasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2).
Amalia, H., Ulfa, M., Yanti, D., & Zainab, S. (2021). Psikopatologi Anak Dan Remaja (Pertama). Syiah Kuala University Press.
Astuti, A. Y., Wigati, I., & Dewi, K. (2023). Pengaruh Media Kinetic Sand Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Di Tk Ababil Kota Pagaralam Usia 5-6 Tahun.
Bahari, J. I., & Hamidah, U. N. (2022). Optimalisasi Kemampuan Motorik Halus Siswa Melalui Media Kinetic Sand Di Tk Bahrul Ulum Bangorejo Banyuwangi. 6.
Daud, M., Siswanti, D. N., & Jalal, N. M. (2021). Buku Ajar Psikologi Perkembangan Anak. Kencana.
Dewi, A. T. (2020). Pengembangan Kegiatan Bermain Pasir Kinetik Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 6 Mataram Tahun Ajaran 2019. Seminar Nasional Pendidikan Inklusif Pgsd Unram 2020.
Dhida, T. T., & Wuri, R. I. (2020). Pengukuran Kemampuan Menulis Permulaan Pada Anak Usia Dini Kelompok A Di Tk Al A’raaf Sukoharjo Sebagai Upaya Peningkatan Perkembangan Bahasa. 7(1), 50–59. Https://Doi.Org/10.36706/Jtk. V7i1. 10445
Fatimah, H. (2022). Pengaruh Media Kinetic Sand Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Di Taman Kanak-Kanak Bhayangkari 06 Salido. Jce (Journal Of Childhood Education), 6(2), 285. Https://Doi.Org/10.30736/Jce.V6i2.1067
Gunadi, T. (2011). Mereka Pun Bisa Sukses. Penebar Plus+.
Hadijah. (2016). Penggunaan Metode Latihan Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Kelas I Sdn Sibaluton. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(8). Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/121403-Id-Penggunaan-Metode-Latihan-Untuk-Meningka.Pdf
Handayani. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Penggunaan Papan Pasir Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Iii Di Slb Negeri 1 Gowa.
Hidayati, I. (2020). Pengenalan Bentuk Geometri Melalui Penerapan Media Pasir Kinetik Untuk Anak Usia 2-3 Tahun Di Ppt Mawar 01 Ar-Rachman Surabaya. Media Of Teaching Oriented And Children, 4(1).
Hikmah. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Dengan Menggunakan Media Permainan Di Tk Dharma Wanita Masbagik. Pandawa : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 1(1), 93–109.
Idrus, S. (2021). Menulis Skripsi Sama Gampangnya Membuat Pisang Goreng : Penting Ada Niat & Kemauan. Cv. Literasi Nusantara Abadi.
Istiqoma, N., Affandi, L. H., & Khair, B. N. (2023). Analisis Jenis-Jenis Kesulitan Dalam Membaca Dan Menulis Permulaan Pada Siswa. 5.
Kartika, R. I. (2022). Ditulis Sebagai Syarat Penyelesaian Studi Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Piaud).
Katoningsih, S. (2021). Keterampilan Bercerita. Muhammadiyah University Press.
Khadijah, Y., Budianti, Y., & Anjani, T. A. D. (2021). Penggunaan Pasir Warna Dalam Mempengaruhi Perkembangan Nilai Agama Dan Moral, Kognitif, Bahasa, Fisik-Motorik, Dan Sosial-Emosional Usia 4-5 Tahun. 4(2).
Khamaliyah, A., Fatimah, A., & Kusumawardani, R. (2019). Pengaruh Bermain Pasir Kinetik Terhadap Kreativitas Anak. 6.
Marheni, K. I. (2017). Art Therapy Bagi Anak Slow Learner. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia.
Marwati. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung Dengan Metode Latihan Siswa Kelas Ii Sd Negeri 016 Kecamatan Pekanbaru Kota Pekanbaru. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 6(1).
Muthiah, Sumardi, & Rahman, T. (2020). Desain Media Pasir Kinetik Untuk Memfasilitasi Kemampuan Menulis Permula Anak Usia Dini. 4 (2).
Nafisah, A. D., Fadlillah, F. N., & Irnayanty, D. (2022). Bunga Rampai Inklusi Dalam Paud : Teori Dan Praktik. Cipta Media Nusantara (Cmn).
Ningrum, R. W. (2022). Penggunaan Media Pasir Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Di Ra Alhuda Wargomulyo Pringsewu.
Nurrahmawati, E., Ariska, K., & Mulya, N. (2022). Bermain Pasir Kinestik (Kinetic Sand) Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pelita Paud, 7(1), 55–62. Https://Doi.Org/10.33222/Pelitapaud.V7i1.2066
Pahlavi, I. K. A. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Menggunakan Media Puzzle Huruf Untuk Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(9).
Saputri, D. A., Robandi, B., & Heryanto, D. (2020). Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Huruf Cetak Kelas I Sd. 5.
Sari, N., Kusmana, A., & Kuntarto, E. (2020). Strategi Menangani Kesulitan Menulis (Disgrafia) Melalui Pembelajaran Partisipatif Di Sekolah. 1, 2. Https://Doi.Org/10.19105/Ghancaran.V2i1.3265
Sartinah, E. P. S., & Sujarwanto. (2021). Bimbingan Dan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus. Jakad Media Publishing.
Setiawan, I. (2020). A To Z Anak Berkebutuhan Khusus. Cv Jejak. Https://Www.Google.Co.Id/Books/Edition/A_To_Z_Anak_Berkebutuhan_Khusus/Rx4reaaaqbaj?Hl=Id&Gbpv=1&Dq=Psikologi+Pendidikan+Anak+Berkebutuhan+Khusus&Printsec=Frontcover
Sholikhah, Y. N., & Khotimah, N. (2019). Pengaruh Bermain Pasir Warna Terhadap Kemampuan Menulis Huruf Kelompok A Di Tk Kecamatan Wiyung Surabaya.
Sit, M. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta Bandung.
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi Dan Aspek Perkembangan Anak. Kencana.
Undang-Undang Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 137).
Wahyuni, E. S., & Harisa, W. O. D. (2021). Video Based Intructions Upaya Mengatasi Keterbatasan Praktik Personal Hygiene Pada Disabilitas Intelektual. Nem.
Widyasari, N., & Ismawati, I. (2020). Perbandingan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar Pada Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality Dan Pasir Kinetik. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 63. Https://Doi.Org/10.32939/Ejrpm.V3i1.442
Yuwono, I., & Mirnawati. (2021). Aksesibilitas Bagi Penyandang Tunanetra Di Lingkungan Lahan Basah. Deepublish.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.