IMPLEMENTASI PROGRAM PENINGKATAN PROFESI GURU SMA NEGERI 1 DI KECAMATAN KETUNGAU HULU KABUPATEN SINTANG

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31932/ve.v15i1.2833

Keywords:

Kebijakan Sekolah, Peningkatan Profesi, Guru

Abstract

ABSTRAK

Guru professional dapat menggerakkan dinamika kemajuan pendidikan nasional, untuk itu diperlukan suatu proses pembinaan berkesinambungan, tepat sasaran dan efektif dengan didukung oleh beberapa unsur.  Unsur-unsur tersebut dapat dipadukan untuk menghasilkan suatu sistem yang dapat bekerja menuju pembentukan guru-guru yang  professional baik kualitas maupun kuantitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Kebijakan Peningkatan Profesionalisme Guru SMA Negeri 1 Ketungau Hulu dengan Pendekatan Deskriptif Kualitatif dengan sumber data utama adalah guru, sedangkan sumber data sekunder berupa dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan kegiatan MGMP, PKB, Diklat, pengembangan kurikulum masih kurang, karena tidak semua guru dikirim dalam kegiatan tersebut. juga kurangnya kesiapan dalam pemanfaatan teknologi, informasi dan komunikasi. 2) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan peningkatan profesionalisme guru adalah pengembangan keprofesionalan secara berkelanjutanya itu kurangnya pemahaman guru terhadap materi ajar, dan kurangnya kesempatan untuk mengikuti pelatihan-pelatihan sebagai penunjang menjadi guru profesional. 3) Upaya terhadap kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan peningkatan profesionalisme guru sudah dilaksanakan terkait pelaksanaan PKB, MGMP, pengembangan kurikulum, diklat pada tingkat sekolah, daerah, maupun provinsi tetapi pencapaian tersebut belum sepenuhnya maksimal. Dinas pendidikan maupun sekolah perlu terus mengupayakan peningkatan profesionalisme guru. Analisis ini berdampak pada terciptanya penyelenggaraan pendidikan yang lebih baik, meningkatkan kinerja dan kualitas guru untuk menjadi guru yang professional, dan terwujudnya pemahaman masyarakat terhadap pentingnya pendidikan.

Kata Kunci: Kebijakan Sekolah, Peningkatan Profesi, Guru


ABSTRACT

Professional teachers can drive the dynamics of national education progress, for this a continuous, targeted and effective coaching process is needed, supported by several elements. These elements can be combined to produce a system that can work towards the formation of professional teachers in both quality and quantity. This research aims to describe the Implementation of the Policy for Increasing Teacher Professionalism at SMA Negeri 1 Ketungau Hulu using a Qualitative Descriptive Approach with the main data source being teacherThe results of the research show that: 1) the implementation of MGMP, PKB, Education and Training activities, curriculum development is still lacking, because not all teachers are sent to these activities. also a lack of readiness in the use of technology, information and communications, while the secondary data source is documents. 2) The obstacles faced in implementing increased teacher professionalism are ongoing professional development, namely a  lack of teacher understanding of teaching material, and a lack of opportunities to take part in training to support becoming a professional teacher. 3) Efforts to overcome the obstacles faced in the implementation of increasing teacher professionalism have been carried out regarding the implementation of PKB, MGMP, curriculum development, training at school, regional and provincial levels but these achievements have not been fully maximized. Education departments and schools need to continue to strive to increase teacher professionalism. This analysis has an impact on creating better education delivery, improving the performance and quality of teachers to become professional teachers, and realizing public understanding of the importance of education.

Keyword: School Policy, Professional Improvement, Teacher

Author Biography

Agustinus Beni, Universitas Terbuka

God is Good

References

Dekawati, I. (2015). Manajemen Pengembangan Guru. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2, 203–215. https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.4228

Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia. (2005). Undang-Undang (UU) tentang guru dan dosen nomor 14. Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia, 2.

Dike, D. D. (2019). Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Penguatan Karakter Di Sekolah Dasar Kota Sintang Kalimantan Barat. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 145–164. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.9159

Kaushik et al., 2009. (2009). No Title一UU 41 Tahun 2009. 2(1), 1–8.

Kurniati, A., Subekti, M. R., & Vera, M. O. (2021). Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa ANALISIS PERANAN GURU KELAS DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN MELALUI KURIKULUM 2013 SISWA KELAS V SDN 17 MUNGGUK KECAMATAN SEKADAU HILIR TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021 Pendahuluan Mengelola kelas sebelum pembelajaran memulai dan . 7(April), 13–24. https://doi.org/10.31932/jpdp.v7i1.1088

METODE PENELITIAN R&D (Research and Development) Kajian Teoretis dan Aplika... - Google Books. (n.d.). Retrieved August 14, 2022, from https://www.google.co.id/books/edition/METODE_PENELITIAN_R_D_Research_and_Devel/MU1WEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=metode+research+and+development&printsec=frontcover

Moleong, L. . (2002). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

PermenPANRB. (2009). Permenpan Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Kementrian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi, 2009(75), 31–47.

Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif - Prof. Dr. Conny R. Semiawan - Google Buku. Grasindo, 168.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak, 54–68.

Sukidin, & Basrowi. (2002). Metode penelitian kualitatif perspektif mikro. Insan Cendekia.

Suwendra, W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan ... - Dr. Drs. I Wayan Suwendra, S.Pd., M.Pd. - Google Books. 150. https://books.google.co.id/books?id=8iJtDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=pendekatan+penelitian+kualitatif+teori&hl=jv&sa=X&ved=2ahUKEwjn9Yan4uTvAhWNc30KHYIiB2cQ6AEwA3oECAEQAg#v=onepage&q=pendekatan penelitian kualitatif teori&f=false

Downloads

Additional Files

Published

2024-05-01

Issue

Section

Articles