KEPRAKTISAN PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK MAKER DALAM PEMBELAJARAN KEARIFAN LOKAL DI SMP NEGERI 12 PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.31932/ve.v15i1.2691Keywords:
kepraktisan, e-modul, flipbook maker, kearifan lokal.Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepraktisan terhadap penggunaan pengembangan e-modul berbasis flipbook maker dalam pembelajaran kearifan lokal di SMP Negeri 12 Pontianak. Adapun Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Sampel dalam penelitian ini adalah respon kelas VII SMP Negeri 12 Pontianak dengan jumlah siswa sebanyak 37 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa angket yang telah divalidasi dengan hasil validasi bahwa instrument layak untuk digunakan. Pertanyaan angket yang diberikan sebanyak 15 pertanyaan, Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-modul berbasis flipbook maker dalam pembelajaran kearifan lokal termasuk kategori praktis digunakan dalam proses pembelajaran dengan hasil respon peserta didik 93,74%.
Kata kunci: kepraktisan, e-modul, flipbook maker, kearifan lokal
Â
ABSTRACT
This study aims to determine the practicality of using flipbook maker-based e-module development in learning local wisdom at SMP Negeri 12 Pontianak. The research method used in this research is Research and Development (R&D). The sample in this study was the class VII response of SMP Negeri 12 Pontianak with a total of 37 students. The instrument used is a questionnaire that has been validated with validation results that the instrument is feasible to use. Questionnaires were given as many as 15 questions. The results of the study can be concluded that the use of flipbook maker-based e-modules in learning local wisdom is included in the practical category used in the learning process with student response results of 93.74%.
Keyword: Racticality, E-Module, Flipbook Maker, Local Wisdom
References
Anggraini, D. L., Yulianti, M., Faizah, N. S., Belawati, A. P. (2022). Peran Guru Dalam Mengemangkan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(3) 291-298.
Elisa. (2017). Pengertian, Peranan, dan Fungsi Kurikulum. Jurnal Ilmiah, 1(2), 1-12).
Handayani, D., Alperi, A., Gintinh, S. M., & Rohiat, S. (2020). Pelatihan Pembuatan Buku Digital Kvisoft Flipbook Maker Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru. Junal Seminar Nasional Pengapdian Kepada Masyarakat. 1(1) 84-92.
Handayani, M. (2017). Model Pengembangan Kurikulum. Jurnal At-ta’lim, 16(2), 375-394.
Hayati, Etty. (2021). Kalimantan Barat Pontianak Dalam Kearifan Lokal. Kalimantan Barat: CV Golden Aksara.
Herawati, S. N., & Muhtadi. A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pda Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 181-191.
Hidayatullah, M. S., & Rakhmawati, L. (2016), Pengembangan Media Pebelajaran Berbasis Flipbook Maker Pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar Di SMK Negeri 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1), 83-88.
Kemendikbud. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen (Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka).
Laili, I. Ganefri., & Usmeldi. (2019). Efektifitas Pengembangan E-Modul Projek Based Learning Pada Mata Pelajaran Instansi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 306-315.
Manalu, B, J., Sitohang, P., Henrika, N. H., & Turnip. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 80-86.
Nurmayati, F., Bakri, F., & Budi, E. (2015). Pengembangan Modul Elektronik Fisika dengan Strategi PDEODE pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas untuk Siswa Kelas XI SMA. Jurnal SNIPS, 8(9), 377-340.
Priyatna, M. (2016). Pendididkan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Jrnak Edukasi Islam, 5(10), 1311-1336.
Rummar, M. (2022). Kearifan Lokal Dan Penerapan Disekolah. Jurnal Sosial Sains, 13(12), 1581-1587.
Salabi, A. S. (2020). Efektivitas Dalam Implementasi Kurikulum Sekolah. Jurnal Homepage, 1(1), 1-13
Fitri, A. Z., & Haryati, N. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Malang: Madani Media.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.