PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SIANTAN
DOI:
https://doi.org/10.31932/ve.v14i2.2469Keywords:
Hasil belajar, kemandirian belajar, Model Reciprocal TeachingAbstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada pembelajaran matematika, menganalisis dan mendeskripsikan pembelajaran di SMA Negeri 1 Siantan. Metode yang digunakan adalah pendahuluan. Subyek penelitian ini berjumlah 35 siswa yaitu siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Siantan. Mengumpulkan informasi melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknis analisis data adalah analisis deskriptif. Rata-rata tingkat ketuntasan belajar siswa sebelum menerapkan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching pada mata pelajaran matematika adalah 55,43 dan setelah pembelajaran Model Reciprocal Teaching, rata-rata ketuntasan belajar mata pelajaran matematika adalah 85,71. Berdasarkan hasil belajar mandiri, kepercayaan diri siswa sebesar 37,71%, sedangkan hasil belajar siswa meningkat sebesar 50,43% setelah menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Dapat disimpulkan bahwa setelah diperkenalkannya model reciprocal teaching, kemandirian siswa dalam belajar matematika meningkat secara signifikan dan berdampak pada hasil belajar siswa.
Kata Kunci:Â Hasil belajar, kemandirian belajar, Model Reciprocal Teaching
ABSTRACT
The purpose of this study was to improve learning independence and student learning outcomes by applying the Reciprocal Teaching learning model to learning mathematics, analyzing and describing learning in SMA Negeri 1 Siantan. The method used is preliminary. The subjects of this study were 35 students, namely students of class XI MIPA 1 at SMA Negeri 1 Siantan. Gather information through observation, tests and documentation. Technical data analysis is descriptive analysis. The average level of student learning completeness before applying the Reciprocal Teaching Learning Model in mathematics was 55.43 and after learning the Reciprocal Teaching Model, the average learning completeness in mathematics was 85.71. Based on the results of independent learning, student self-confidence was 37.71%, while student learning outcomes increased by 50.43% after using the Reciprocal Teaching learning model. It can be concluded that after the introduction of the reciprocal teaching model, student independence in learning mathematics increased significantly and had an impact on student learning outcomes.
Keywords:Â Learning outcomes, learning independence, Reciprocal Teaching Model
References
Andrean, N. J., Noer, S. H., & Asmiati. (2019). Pengembangan Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif dan Kemandirian Belajar Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 270–278.
Fahmy, Ahmad Faridh Ricky. (2019). Kemandirian Belajar Siswa Melalui Flipped Classroom Berbasis Modul Berbantuan Whatsapp Untuk Meningkatkan Literasi Matematika. Thesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.
Hasibuan dan Moedjiono (2010). Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hidayah, I., & Negeri, S. (2012). Pembelajaran Model Reciprocal Teaching Bernuansa Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Komuniasi Matematis. In Unnes Journal of Mathematics Education Research (Vol. 1, Issue 2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
Mahendra, B.S.(2013). Hubungan antara kompetensi sosial dengan prestasi akademik pelajaran sosiologi tahun pertama pada siswa MA Mamba’ul Ulum Desa Awang-Awang Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, retrieved from http://etheses. Uin-Malang.ac.id./1824/.
Matematis, K., Kemandirian, D., Siswa, B., & Rachmayani, D. (n.d.). Penerapan
Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan.
Nanang SDN, A., & Bungo Jambi Jl Nusa Indah Desa Gapura Suci Kec Palepat Kab Bungo Prov Jambi, I. (2016). Berpikir Kreatif Matematis Dan Kemandirian Belajar Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Mimbar Sekolah Dasar, 3(2), 171–182. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i2.4283
Rudyanto, H. E. (2016). Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(01), 41–48. https://doi.org/10.25273/pe.v4i01.305
Sri Astuti, Fuji (2020) Pengaruh Kemandirian Belajar Matematik Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp, Journal On Education, Volume 02, No. 03, April 2020, hal. 297-305
Suhendri, H. (2010). Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif 1(1): 29-39 ISSN: 2088-351X
Sundayana, R. (2016). Kaitan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa. Vol. 5, No. 2 Hal. 75-84
Sugiyono. 2016. Model Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, hal.186-187.
Titin Kurnia, Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas, Journal On Education, Volume 01, No. 02, Februari, Hal. 382-389
Zainwal, kategori tingkat kemandirian belajar siswa madrasah aliyah http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/edc Vol. 14 No 1 Juni 2019, hal.56-63
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.