PENGEMBANGAN E MODUL GURU PJOK BERBASIS CANVA MATERI GERAK DASAR UNTUK ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH KHUSUS SE-KABUPATEN TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.31932/ve.v14i2.2285Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran bagi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan berbasis canva dengan materi gerak dasar bagi anak tunagrahita ringan di sekolah khusus se-Kabupaten Tangerang. PJOK merupakan bagian dari pendidikan untuk mengembangkan kemampuan melalui gerak sehingga dapat mencapai kesehatan serta tujuan pendidikan yang diharapkan yaitu mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Anak Tunagrahita Ringan dalam pertumbuhannya mengalami keterbatasan dalam melakukan aktivitas keseharianya karena keterbatasan motorik yang dimilikinya. Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat para guru dituntut untuk dapat memanfaatkan teknologi dalam penyelenggaraan pembelajaran. Guru PJOK di SKH umumnya guru kelas yang belum mempunyai dasar pengetahuan tentang Penjas Adaptif. Model pengembangan media pembelajaran yang disusun dalam penelitian ini mengacu pada jenis pengembangan model ADDIE. Model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analisis Desain Development Impelementasi dan Evaluasi. Dengan adanya E-Modul Guru PJOK materi kombinasi aktivitas gerak dasar dapat tersampaikan dengan mudah dan Guru dapat memanfaatkan teknologi dalam penyelenggaraan pembelajaran PJOK
Kata Kunci:Â E-Modul, Canva,Anak Tunagrahita Ringan, Addie,Gerak Dasar
ABSTRACT
The purpose of this development research is to produce a learning media product for canva-based Physical Education Sports and Health Teachers with basic motion material for mildly disabled children in special schools in Tangerang Regency. Physical Education is part of education to develop abilities through movement so as to achieve health and the expected educational goals which include knowledge, skills, and attitudes. Mild Tunagrahita children in their growth experience limitations in carrying out their daily activities due to their motor limitations. The rapid development of technology makes teachers required to be able to utilize technology in the implementation of learning. PJOK teachers in SKH are generally class teachers who do not have a basic knowledge of Adaptive PE. The learning media development model compiled in this study refers to the ADDIE model development type. The ADDIE development model consists of 5 stages, namely Analysis Design Development Implementation and Evaluation. With the E-Module of PJOK Teacher, the combination of basic movement activities can be conveyed easily and teachers can utilize technology in organizing PJOK learning.
Keywords:Â E-Module, Canva, Mild Tunagrahita, Addie, Basic Movement
References
Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53, Issue 9).
Burhaein, E. (2017). Aktivitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 51. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7497
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Cornelius, F. H., & Wilson, L. (2021). Educational Technology. In Certifed Nurse Educator (CNE®) Review, Fourth Edition. Springer Natur. https://doi.org/10.4324/9781315854816-16
Dolnicar, S., Chapple, A., Trees, A. J. "ANGIOSTRONGYLUS-V. I. N. D. I. N. W. . V. R. 120. 1. (1987): 424-424. (1987): 424-424., Team, R. C., Mobley, C. D., Fenkçi IV, Maternal Fizyoloji. “Çiçek MN, Ed.†Kadın Hastalıkları ve DoÄŸum Bilgisi, Öncü Basımevi, A. (2004): 161-9., Dolnicar, S., Chapple, A., Beck, A. (1967). Depression: Clinical, Experimental & Theoretical Aspects. Philadelphia, P. U. of P. P., ÃCengel, Y. A. B., ÃCengel, M. A. Y. A., Boles, M. A., ÃCengel, Y. A. C., ÃCengel, J. M. Y. A., & Cimbala, J. M. (2012). T. (No. 536. 7). M.-H. (2012). T. (No. 536. 7). M.-H., Chabaud, D., & Codron, J. M., Raman, Shanti; Hodes, D., Pv, T., Av, T., & Totox, T. (2015). Scholar (3). In Annals of Tourism Research (Vol. 3, Issue 1, pp. 1–2). http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0160738315000444
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424
Kurniawan, R., Mu’arifin, Kurniawan, A. W., Heynoek, F. P., & Sigit, C. N. (2022). Development of Teacher E-Module for Dynamic Balance Movement for Grade 3 Elementary School with Autism. Proceedings of the 5th International Conference on Sport Science and Health (ICSSH 2021), 45(Icssh 2021), 98–103. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.220203.015
Martinus, M., & Kesumawati, S. A. (2020). Pelaksanaan Permainan Gerak Dasar Manipulatif Pada Anak Tunagrahita Di Sdlb C Kota Palembang. Kinestetik, 4(1), 117–121. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10574
Monoarfa, M., & Haling, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2021, 1085–1092.
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268
Palupi, T. (2020). Implementasi penggunaan alat peraga bola kremes sebagai alternatif meningkatkan hasil belajar keterampilan materi guling depan dan guling belakang senamlantai siswa kelas vii e semester genap mts negeri8 kebumen tahun pelajaran 2019/2020. 4(1), 188–201.
Permitasari, M. A., Hartono, H., & Sugito, S. (2022). Pengembangan Modul Multimedia Interaktif Pendidikan Kewirausahaan Pada Industri Rumahan untuk SMALB Tunagrahita. Pengembangan Modul Multimedia Interaktif Pendidikan Kewirausahaan Pada Industri Rumahan Untuk SMALB Tunagrahita, 9(1), 55–58.
Prasetyo, T., & Supena, A. (2021). Strategi Guru Pembimbing Khusus Untuk Meningkatkan Fungsi Eksekutif Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Autis. Jurnal Basicedu, 5(5), 4236–4246. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1505
Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 2(3), 193. https://doi.org/10.23887/janapati.v2i3.9800
Syahrial, B. (2015). Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak. In Unp Press (Vol. 1).
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.