PENERAPAN FUN REWARDS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nofriza Efendi
  • Desi Indriyani
  • Muhardila Fauziah
  • Sonia Yulia Friska

DOI:

https://doi.org/10.31932/ve.v14i1.2222

Keywords:

Penerapan, fun rewards, motivasi, siswa

Abstract

ABSTRAK

Penguatan dan penanaman motivasi belajar ada di tangan guru, karena unsur terpenting dalam kegiatan pembelajaran adalah guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa  melalui metode Fun Reward. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Sedangkan subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 13 Lolong Kota Padang, dengan jumlah siswa  20 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar anak melalui penerapan metode Fun Reward dengan kualifikasi sangat baik dan dinyatakan berhasil dengan skor pencapaian kelas 95% pada siklus II, meningkat dari 72% pada siklus I dan 69% pada siklus I. prasiklus, dan 35% pada prasiklus. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Fun Rewards dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena pelajaran yang disajikan guru menyenangkan.

Kata Kunci: Penerapan, fun rewards, motivasi, siswa

 

ABSTRACT

Strengthening and instilling learning motivation is in the hands of the teacher, because the most important element in learning activities is the teacher. This study aims to increase student motivation through the Fun Reward method. The type of research used is Classroom Action Research. Meanwhile, the subjects of this study were class II students at SDN 13 Lolong Kota Padang, with a total of 20 students consisting of 10 male students and 10 female students. The results showed that there was an increase in children's learning motivation through the application of the Fun Reward method with very good qualifications and was declared successful with a grade achievement score of 95% in cycle II, an increase from 72% in cycle I and 69% in cycle I pre-cycle, and 35% in cycle I. pracycle. Based on these data it can be concluded that the application of Fun Rewards can increase student motivation because the lessons presented by the teacher are fun.

Keywords: Application, fun rewards, motivation, students

References

Agustina, M., A. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Animasi terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini selama Pembelajaran Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 353–361. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i1.1331, 3, 6.

Diani Ayu Pratiwi. (2021). PERENCANAAN PEMBELAJARAN SD/MI. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Ernata, Y. (2017). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward Dan Punishment Di Sdn Ngaringan 05 Kec.Gandusari Kab.Blitar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 781. https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.781-790

Febianti, Y. N. (2018). Jurnal Edunomic Vol. 6, No. 2, Tahun 2018 93. Jurnal Edunomic, 6(2), 93–102. https://core.ac.uk/download/pdf/229997374.pdf

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR ( Studi Kasus terhadap Siswa Kelas ... Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81–86. http://www.jurnal.upi.edu/file/8-Ghullam_Hamdu.pdf

Idzhar, A. (2016). PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA Ahmad Idzhar SMK Negeri 1 Bantaeng. Jurnal Office, 2(2), 222–228.

Prananda, G., & Hadiyanto, H. (2019). Korelasi antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 909–915.

Prananda, G., & Ricky, Z. (2021). The COVID-19 Pandemic Impact on Elementary Students Online Learning Motivation. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2). https://doi.org/10.32332/ejipd.v7i2.2613

Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Lagu Anak Dalam Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 304.

Silviana. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume, 1(2).

Suryabtara, S. (2018). Psikologi Pendidikan. In Rajawali Pres.

Syah, M. (2013). Psikologi Belajar. In Rajawali Pres.

Downloads

Published

2023-04-29

Issue

Section

Articles