ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN EBOOK BAGI GURU FISIKA DALAM PROSES PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.31932/ve.v14i1.2199Keywords:
E-Books, Needs Analysis, Physics LearningAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian survei untuk mengetahui kebutuhan guru terhadap suatu produk berupa ebook pembelajaran untuk peserta didik, Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan pada tahap studi pendahuluan. Ebook yang akan dikembangkan adalah ebook pada materi fisika. Pengembangan ebook ini diharapkan dapat memudahkan peserta didik dalam mempelajari fisika dan dapat dijadikan sebagai sumber belajar tambahan selain buku paket di sekolah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuisioner, angket tersebut disebarkan dengan menggunakan platform google form kepada guru-guru fisika SMP dan SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru fisika membutuhkan ebook pembelajaran untuk mempermudah proses pembelajaran khususnya pada materi fisika. Karena ebook lebih mudah dan praktis digunakan dan sesuai dengan revolusi industri 4.0 yang semakin mengarah dalam penggunaan IT.
Kata Kunci:Â Analisis Kebutuhan, Ebook, Pembelajaran Fisika
ABSTRACT
Purpose of the research is for at the preliminary study stage. The ebook that will be developed is an ebook on physics material. The development of this ebook is expected to make it easier for students to learn physics and can be used as an additional learning resource in addition to textbooks at school. The instrument used in this study was a questionnaire or questionnaire, the questionnaire was distributed using the google form platform to middle and high school physics teachers. The results showed that physics teachers needed learning ebooks to facilitate the learning process, especially in physics. Because ebooks are easier and more practical to use and the industrial revolution 4.0 which is increasingly leading to the use of IT.
Keywords:Â E-Books, Needs Analysis, Physics Learning
References
Agustina, Y., & Desyandri, D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Interaktif Macromedia Flash 8 Berbasis Pendekeatan STEAM pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. VOX EDUKASI : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(2), 294–308. https://doi.org/10.31932/ve.v13i2.1826
Arfani, L. (2016). Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(2), 81–97.
Azhar, K., & Sa’idah, I. (2017). Studi Analisis Upaya Guru Akidah dalam Mengembangkan Potensi Nilai Moral Peserta Didik di MI Kabupaten Demak. Jurnal Al-Ta’dib, 10(2), 73–90.
Azizul, A., Yuliatin Riski, W., Indah Fitriyani, D., & Nofita Sari, I. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Komik Digital pada Materi Gerak. VOX EDUKASI : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(2), 97–104. https://doi.org/10.31932/ve.v11i2.829
Fadli, A., & Musadad, A. A. (2017). Deskripsi Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Berbasis Role Play Game Education untuk Pembelajaran Matematika Prosiding Seminar Pendidikan Nasional. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional, 52–57.
Fitriani, N., Gunawan, & Sutrio. (2017). Berpikir Kreatif dalam Fisika dengan Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan LKPD. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(1), 24–33.
Isti Hartini, T., & Martin. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving Sistematis Terhadap Hasil Belajar Fisika Dasar 2 Materi Listrik Arus Searah Pada Mahasiswa Pendidikan Fisika. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 2(2), 163–174. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/sjpif.v2i2
Khoerunnisa, N., Triwoelandari, R., & Arif, S. (2022). Pengembangan LKS Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa Kelas 5 MI Al Ittihad Ciampea Bogor. VOX EDUKASI : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(2), 237–247. https://doi.org/10.31932/ve.v13i2.1815
Kolle, S. R., Shettar, I., M, V. K., & Parameshwar, G. S. (2018). Publication trends in the literature on eBooks : a Scopus based bibliometric analysis. Collection and Curation Article Information :, 3(7). https://doi.org/10.1108/CC-07-2017-0027
Latifah, S., & Rukmana, D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Google Sites Berorientasi Kemandirian Belajar Siswa. VOX EDUKASI : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(2), 326–335. https://doi.org/10.31932/ve.v13i2.1836
Lisa, Y., & Wedyawati, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Matematika Dasar Berbasis Metakognisi Menggunakan Flipbook Maker untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. VOX EDUKASI : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(1), 68–79. https://doi.org/10.31932/ve.v11i1.663
Liu, Y., Chou, P., & Lee, B. (2020). Effect of an interactive e-book on nursing students ’ electrocardiogram- related learning achievement : A quasi-experimental design. Nurse Education Today, 90(100), 104427. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2020.104427
Magdalena, I., Okta Prabandani, R., Septia Rini, E., Ayu Fitriani, M., & Agdira Putri, A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187.
Maryam, E., & Fahrudin, A. (2020). Pengembangan Sound Card Laptop Sebagai Alat Praktikum untuk Penentuan Percepatan Gravitasi Bumi. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 2(1), 29–40. https://doi.org/10.31540/sjpif.v2i1.926
Purwoko, R. Y., Nugraheni, P., & Nadhilah, S. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan E -Modul Berbasis Etnomatematika Produk Budaya Jawa Tengah. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.26486/jm.v4i2.1165
Putrawansyah, F., Zulkard, & Siahaan Markos, S. (2016). Pengembangan Digital Book Berbasis Android Materi Perpindahan Kalor di Sekolah Menengah Atas. Indonesian Journal on Networking and Security, 5(4), 39–48.
Riwu, I. U., Laksana, D. N. L., & Dhiu, K. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Bermuatan Multimedia Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV Di Kabupaten Ngada. Journal of Education Technology, 2(2), 56–64. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16182
Sa’diah, Ruhiat, Y., & Sholih. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Augmented Reality untuk Siswa Sekolah Dasar. VOX EDUKASI : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(1), 21–29. https://doi.org/10.31932/ve.v13i1.1489
Saparini, S., Syuhendri, S., & Murniati, M. (2021). Conceptual Change Textbook Based on Local Wisdom of Palembang on Heat and Temperature. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 9(1), 88–95. https://doi.org/10.20527/bipf.v9i1.9568
Sari, W. W., & Ritonga, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Komik Muatan Matematika Materi Satuan Berat di Sekolah Dasar. VOX EDUKASI : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(2), 217–227. https://doi.org/10.31932/ve.v12i2.1338
Sasmita, P. R., & Hartoyo, Z. (2020). Pengaruh Pendekatan STEM Project-Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 2(2), 136–148. https://doi.org/10.31540/sjpif.v2i2.1081
Sulastri, S. (2019). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penunjang Mata Kuliah KAjian Fiksi. VOX EDUKASI : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(2), 105–110. https://doi.org/10.31932/ve.v10i2.507
Supriadi. (2015). Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127–139.
Syuhendri. (2014). Konsepsi Alternatif Mahasiswa Pada Ranah Mekanika: Analisis Untuk Konsep Impetus Dan Kecepatan Benda Jatuh. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 56–67. http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/1265
Utami, R., Fadhillah, F., & Enawaty, E. (2021). Hasil Belajar Siswa pada Materi Kalor Menggunakan Bahan Ajar Berbasis E-Learning Edmodo. VOX EDUKASI : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(1), 28–37. https://doi.org/10.31932/ve.v12i1.1014
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.