ANALISIS LITERASI ABAD KE – 21 BACA TULIS DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN KAMPUNG RAKYAT LABUHAN BATU SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.31932/ve.v14i1.2178Keywords:
Katakunci, Literasi Baca Tulis, Gemar Membaca, Membaca Kreatif, Pengembangan DiriAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan literasi baca tulis di sekolah dasar di kecamatan kampung rakyat Labuhan Batu Selatan. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif Kulitatif. Sumber data primer (jumlah sekolah di kecamatan kampung rakyat kabupaten labuhan batu selatan adalah 39 sekolah.Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin n = Â Â = 99 subjek siswa dan informasi kunci kepala sekolah. Instrument penelitian yang digunakan yaitu angket dan wawancara, analisis data melalui reduksi, analisis, dan penarikan kesimpulan. Hasil persentase tersebut menunjuknan bahwa 24,97% telah menunjukkan gemar membaca hal ini dapat dilihat bahwasannya penerapan keterampilan membaca dan menulis yang di laksanakan sekolah dalam satu minggu sekali, selain gemar membaca yang menunjukkan bahwa 29,64 % siswa membaca kreatif dalam halnya membaca kreatif ini lebih di sukai oleh siswa karena mereka bisa mengekspresikan pada saat membaca.dan persentase pengembangan diri 69,86% lebih banyak siswa yang menyukai pengembangan diri di karenakan siswa bias mengembangkan dan mengekspresikan diri mereka sesuai dengan keahliannya masing-masing.
Kata Kunci:Â Literasi Membaca dan Menulis, Membaca Menyenangkan, Membaca Kreatif, Pengembangan Diri
Â
ABSTRACT
This study was conducted with the intention of gaining an overall view of the reading abilities taught in schools, particularly at the elementary level in the Kampung Rakyat, South Labuhan Batu in Malaysia. qualitative research method was employed by a descriptive approach. The number of schools in the Kampung Rakyat, South Labuhan Batu district is 39 as primary data source for the investigation. The sampling technique uses the slovin formula    99 student subject and principal key information. In this research, the researcher employed questionnaires and interviews, and the researcher analyzed the data by first reducing it, then analyzing it, and then drawing conclusions from it. According to the findings of this percentage, 24.97% of people have demonstrated a preference for reading. In addition to having a love for reading, which demonstrates that 29.64% of students read creatively in terms of creative reading, it can be noted that the school applies reading and writing skills once a week. This is in addition to the fact that the school has a weekly reading and writing class increasingly popular with kids since reading allows them to express themselves, and the number of students who prefer self-development has increased by 69.86% because students are able to grow and express themselves according to their particular competence.
Keywords:Â Reading and Writing Literacy, Fun Reading, Creative Reading, Self-Development
References
Andini, Aprilia Dwi, Triman Juniarso, and Ida Sulistyawati. 2020. “Bercerita Peserta Didik.†16(30):1–6.
Andini, Selfi Rahmi, Vianes Muliza Putri, Meila Yufriana Devi, and Yeni Erita. 2021. “Jurnal Basicedu.†5(6):5671–81.
Arum Nisma Wulanjani, and Candradewi Wahyu Anggraeni. 2019. “Meningkatkan Minat Membaca Melalui Gerakan Literasi Membaca Bagi Siswa Sekolah Dasar.†Proceeding of Biology Education 3(1):26–31. doi: 10.21009/pbe.3-1.4.
Aster Pujaning Ati, Sigit Widiyarto. 2020. “Peran Literasi Bahasa Dalam Meningkatkan Minat Baca Dan Menulis.†Peran Literasi Bahasa Dalam Meningkatkan Minat Baca Dan Menulis 105–13.
Dasar, Siswa Sekolah, and Yanti Arasi Sidabutar. 2021. “Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Sekolah Dasar Yanti Arasi Sidabutar.†5(6):5379–85.
Dewi, Kamalia Siska, Din Azwar Uswatun, Astri Sutisnawati, and Ajat Sudarjat. 2022. “Analisis Pembentukan Karakter Gemar Membaca Siswa Menggunakan Buku Cerita Bergambar Wayang Sukuraga Di Kelas Rendah.†6(5):7664–73.
Febrianingsih, Farah. 2022. “Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematis Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika.†11:119–30.
Handayani, Fitri, and Riqqah Annisa Maharani. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar.†Jurnal Pendidikan … 6:11362–69.
Hantika, A., and R. Rohana. 2022. “Analisis Pendidikan Karakter Disiplin, Jujur, Dan Tanggung Jawab SD Di Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu.†JBKI (Jurnal Bimbingan … 7(1):36–43.
Hormadia, Ijce, and Aan Putra. 2021. “Jurnal Didactical Mathematics Systematic Literature Review : Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Matematika.†3(April):1–7.
Keislaman, Sawabiq Jurnal. 2021. “َ ق َ ل خ َ ب ٠سا ب َ م ْ ْ ذ َّ لا ك ٠ر ٠ْ أ ر.†1(1).
Kemendikbud. 2016. “Literasi Dasar: Enam Komponen Literasi Dasar.†Jendela Pendidikan Dan Kebudayaan 04–21.
Khaulani, Fatma, Neviyarni S, and Irdamurni Irdamurni. 2020. “Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar.†Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 7(1):51. doi: 10.30659/pendas.7.1.51-59.
Maryono, Maryono, and Hendra Budiono. 2021. “Pengembangan Bahan Ajar Membaca Dan Menulis Berbasis Mobile Learning Sebagai Alternatif Belajar Mandiri Siswa Kelas Awal Sekolah Dasar.†Jurnal Basicedu 5(5):4281–91. doi: 10.31004/basicedu.v5i5.1502.
Mutji, Elsye, and Like Suoth. 2021. “Literasi Baca Tulis Pada Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar.†Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 8(1):103–13. doi: 10.38048/jipcb.v8i1.133.
Ningsih, Prapti Octavia, and Muhammad Taufik Hidayat. 2022. “Dampak Pelaksanaan Full Day School Terhadap Perkembangan Sosial Anak Di Sekolah Dasar.†Jurnal Basicedu 6(3):4582–90. doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2901.
Nuruddin. 2022. “Aksentuasi Reinforcement Bagi Siswa Sekolah Dasar.†7(2):296–99.
Pendidikan, Prodi, Dasar Program, Universitas Negeri Padang, Prodi Pendidikan, Dasar Program, and Universitas Negeri Padang. 2020. “PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN KONSEP DIRI ANAK SD DEVELOPMENT OF CREATIVITY AND SELF-CONCEPT OF CHILDREN PENDAHULUAN Kreativitas Merupakan Suatu Digali Seorang Anak Sebaiknya Sejak Dini Kreativitas Dalam Tuntutan Pendidikan Dan Kehidupan Yang Penting Pada .†VII(1).
Priasti, Silvia Nur, and Suyatno Suyatno. 2021. “Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi Di Sekolah Dasar.†Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 7(2):395. doi: 10.33394/jk.v7i2.3211.
Rohim, Dhina Cahya, and Septina Rahmawati. 2020. “Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar.†Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian 6(3):230–37. doi: 10.26740/jrpd.v6n3.p230-237.
Sdn, D. I., and Inpres Naru. 2021. “Melalui Gerakanliterai Sekolah.†4:65–71.
Sugiyono. 2018. “Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian.†Metode Penelitian 32–41.
Susani, Rosendi Galih. 2017. “Menumbuhkan Keterampilan Literasi Baca Tulis Melalui Membaca Ekstensif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi.†Journal of Chemical Information and Modeling 1–13.
Wahidin. 2019. “Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar.†Pancar 3(1):232–45.
Wittentirelli, Wittentirelli, Archi Herman Saputra, and Aulia Eka Putra. 2019. “Analisis Karakter Gemar Membaca Siswa Smp Negeri 30 Muaro Jambi.†Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual 4(2):182. doi: 10.28926/briliant.v4i2.305.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.