PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS HEYZINE DI GUGUS MENES

Authors

  • Wiwik Pratiwi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa http://orcid.org/0000-0002-8934-4920
  • Sholeh Hidayat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Suherman Suherman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31932/ve.v14i1.2173

Abstract

ABSTRAK

Kreativitas dan inovasi sangat dinanti oleh pemerintah untuk proses pembelajaran yang menyenangkan. Menghasilkan produk elektronik berupa konten materi ialah harapan yang diinginkan oleh peneliti. Materi ini dijabarkan ke bentuk visual dengan memanfaatkan heyzine. Hadirnya beberapa tools pendukung guna membuat bahan ajar salah satunya adalah heyzine yaitu tools dari canva. Heyzine adalah flipbooks yang penggunaannya berbentuk flip, sehingga pengguna dapat menggunakannya seperti membaca buku cetak biasa. Untuk mendapatkan tujuan ini peneliti menggunakan penelitian Reasearch and Development (R&D) dengan model 4D. Pendefinisian, desain, pengembangan, dan penyebaran adalah empat fase dari model ini. Berdasarkan hasil tahapan yang dilakukan dengan model 4D bisa dikonklusikan, bahan ajar dikembangkan menggunakan heyzine amat mudah dipahami dan menarik bagi guru-guru SD di Gugus Menes.

Kata Kunci: heyzine, model 4D, modul proyek, flipbook, kurikulum

 

ABSTRACT

Creativity and innovation are highly anticipated by governments for the fun learning process. Research is carried out with the producing a product of material content. The material was developed in a visual format using heyzine. In addition to several contributing applications, one is heyzine, which is canva tools. Heyzine is the flipbooks that use them in the shape of a flip, so users can use them as if they were reading a normal print book. To achieve that goal the researchers used research and development (r&d) research with model 4D. Define, design, development, and disseminate are four phases of this model. Based on the results of the 4D model, the teaching material developed with heyzine was perfectly understandable and interesting to elementary school teachers on the Menes.

keywords: heyzine, 4D models, project module, flipbook, curicullum

References

Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099

Anggreni, F., & Sari, R. (2022). Pendampingan Pen y usunan E - modul Menggunakan Aplikasi He yz ine untuk Mendukung Program Madrasah D igital. 2019.

Anyan, A., & Setyawan, A. E. (2022). Keefektifan Video Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMK Pada Masa Pandemi Covid-19. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(1). https://doi.org/10.31932/ve.v13i1.1574

Anyan, A., Ege, B., & Faisal, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Power Point. JUTECH : Journal Education and Technology, 1(1). https://doi.org/10.31932/jutech.v1i1.690

Apriani, E., Arsyad, S., Syafryadin, Supardan, D., Gusmuliana, P., & Santiana. (2022). ICT Platforms for Indonesian EFL Students Viewed from Gender during the COVID-19 Pandemic. Studies in English Language and Education, 9(1), 187–202. https://doi.org/10.24815/siele.v9i1.21089

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. (2022). Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Dermawan, & Fahmi, R. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Pembuatan Busana Industri. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 508–515.

Fausih, M., & Danang, T. (2015). Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan Lan (Local Area Network)†Untuk Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di Smk Nengeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal UNESA, 01(01), 1–9. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/10375

Hidayat, Sholeh. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ismail, M. E., Utami, P., Ismail, I. M., Hamzah, N., & Harun, H. (2018). Development of massive open online course (MOOC) based on addie model for catering courses. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(2), 184. https://doi.org/10.21831/jpv.v8i2.19828

Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Seels, Barbara B dan Rita C. Richey. (2014). Teknologi Pembelajaran Definisi dan Kawasannya. (Dewi S. Prawiradilaga, Raphael Rahardjo, dan Yusurhadi Miarso). Jakarta: Unit Penerbitan Universitas Negeri Jakarta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2019). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Supriadi, N. (2015). Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Buku Ajar Elektronik Interaktif (Baei) Yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 63–74. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i1.51

Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25, 155–167. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897

Downloads

Published

2023-04-29

Issue

Section

Articles