PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK ANAK USIA DINI

Authors

  • Cendy Novia University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Benny Hendriana University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Amelia Vinayastri University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.31932/ve.v14i1.1854

Keywords:

Membaca, Buku Cerita, Augmented Reality, Anak Usia Dini

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku bergambar menggunakan teknologi berbasis Augmented Reality (AR). Sampel penelitian ini adalah ahli yang mengevaluasi kelayakan dan kepraktisan media. Peneliti mengggunakan pendekatan R&D dan model pengembangan ADDIE dengan beberapa tahap yaitu .analisis, perencanaan,.pengembangan,.implementasi dan evaluasi. Peneliti menggunakan teknik random sampling dengan  teknik  pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Angket yang digunakan terdiri dari angket kelayakan produk oleh ahli Media dan Materi, serta angket dari pengguna seperti guru dan siswa. Peneliti dalam penggunaan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil validasi  dari pakar  ahli media memperoleh kategori sangat layak dengan persentase sebesar   97%, hasil validasi dari pakar materi memperoleh kategori layak dengan persentase sebesar   72%, hasil validasi dari guru TK Negeri Pembina DKI Jakarta memperoleh kategori sangat layak dengan persentase sebesar   94%,  dan hasil validasi dari orangtua murid  memperoleh kategori layak dengan persentase sebesar 75%. Jumlah rata-rata dari hasil responden tersebut sebesar 84,5% dengan kategori sangat layak. Dari hasil tersebut, menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa buku cerita berbasis Agmented Reality layak untuk anak usia dini. Oleh karena itu, media pembelajaran ini dapat digunakan untuk mewadahi siswa anak usia dini dalam mengembangkan kemampuan membacanya melalui buku cerita.

Kata Kunci: Membaca, Buku Cerita, Augmented Reality, Anak Usia Dini

 

ABSTRACT

This study aims to develop a picture book using Augmented Reality (AR) based technology. The sample of this research are experts who evaluate the feasibility and practicality of the media. The researcher used the R&D approach and the ADDIE development model with several stages, namely analysis, planning, development, implementation and evaluation.  Researchers used a random sampling technique with data collection techniques using the questionnaire method. The questionnaire used consisted of a product feasibility questionnaire by Media and Materials experts, as well as questionnaires from users such as teachers and students. Researchers in the use of data analysis techniques used are descriptive statistics. The validation results from media experts obtained a very feasible category with a percentage of 97%, the validation results from material experts obtained a decent category with a percentage of 72%, the validation results from the DKI Jakarta Pembina State Kindergarten teachers obtained a very feasible category with a percentage of 94%, and the results of the validation of the parents obtained a decent category with a percentage of 75%. The average number of respondents' results is 84.5% with a very decent category. From these results, it shows that the learning media in the form of story books based on Agmented Reality is appropriate for early childhood. Therefore, this learning media can be used to accommodate early childhood students in developing their reading skills through story books.

Keywords: Reading, Storybooks, Augmented Reality, Early Childhood

References

Alfares., Yorifky Julio., W. M. (2021). Penerapan Teknologi Augmented Reality Untuk Media Pembelajaran Interaktif Pada Anak. Penelitian Dan Karya Ilmiah Lembaga Penelitian Universitas Trisakti, 6, 202–212.

Andi Rustandi, & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546

Dalman, H. (2020). Keterampilan membaca (Cetakan ke).

Haris Budiman. (2020). Penggunaan Media Visual dalam Proses Pembelajaran. Pendidikan Islam.

Indrawati, A. (2020). Pengembangan model pembelajaran berorientasi jiwa kewirausahaan pada pendidikan anak usia dini / Aniek Indrawati.

Juniati, K., Darmawiguna, I. G. M., & Putrama, I. M. (2020). Augmented Reality Balinese Story “ Pan Balang Tamak .†Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika.

Kusnandar, V. B. (2021). Pengguna Internet Indonesia Peringkat ke-3 Terbanyak di Asia. DataBox.

Machmad, M. (2020). Perkembangan Teknologi dalam Industri Media. Teknik Industri.

Musi, M. A., & Nurjannah. (2021). Neurosains - Menjiwai Sistem Saraf dan Otak. In Kencana. Prenada Media.

Ryfa. (2021). Tujuan Pendidikan Nasional Menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Kongres Advokat Indonesia.

Saurina, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality. Jurnal IPTEK, 20(1), 95. https://doi.org/10.31284/j.iptek.2016.v20i1.27

Setiawati, F. A., Mardapi, D., & Azwar, S. (2020). Penskalaan Teori Klasik Instrumen Multiple Intelligences Tipe Thurstone Dan Likert. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 17(2), 259–274. https://doi.org/10.21831/pep.v17i2.1699

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (mixed methods).

Tampubolon, D. (2021). KEMAMPUAN MEMBACA TEKNIK MEMBACA EFEKTIF DAN EFISIEN.

Utami, F., Rukiyah, R., & Andika, W. D. (2021). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality pada Materi Mengenal Binatang Laut. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1718–1728. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.933

Wulandari, D. S., & Hendriana, B. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Huruf Pada Anak Usia Dini Berbasis Augmented Reality. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(2), 157–168. https://doi.org/10.31932/ve.v12i2.1292

Yudi Hari Rayanto., S. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2d2: Teori dan Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.

Zulvi, F. (2020). Kapan Golden Age Perkembangan Si Kecil? Jangan Sampai Terlewat Ya, Moms! Orami.Co.Id.

Downloads

Published

2023-04-29

Issue

Section

Articles