HUBUNGAN KEAKTIFAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT DALAM PROSES PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
DOI:
https://doi.org/10.31932/ve.v5i2.134Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeahui hubungan keaktifan siswa mengemukakan pendapat dalam proses pembelajaran dengan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa. Penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan bentuk penelitian studi korelasi pearson product moment. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Nusantara Indah Sintang dan sampel penelitian yang dipilih secara teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dan teknik observasi langsung, dan teknik dokumentasi. Alat pengambilan data yang digunakan berupa lembar angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis uji korelasi pearson product momet pada taraf signifikansi 5% membuktikan bahwa nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,7 > 0,355 rtabel. Lebih lanjut hasil uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 5,4 > 0,245 ttabel pada uji dua sisi pada taraf signifikan 5%, yang berarti menolak Ho dan menerima Ha, yang berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan mngemukakan pendapat dalam proses pembelajaran dengan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa.
Â
Kata Kunci: Keaktifan Mengemukakan Pendapat, Hasil Belajar Siswa, Uji Korelasi pearson product momentReferences
Arikunto, S. (2010) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasanjoen. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan. (Online). http://hasanjoen.blogspot.com/2010/08/contoh-proposal-ptk.html.(22 Februari 2014).
Mardapi, D. (2012). Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Nawawi, H. (2003). Metode Penelitian di Bidang Sosial. Cet.9. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.