PEMBELAJARAN IPA BERVISI SETS UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN PENINGKATAN SIKAP TANGGAP BENCANA SISWA KELAS IV SD SWASTA & NEGERI (SD Kristen Imanuel Nanga Pinoh & SD Negeri 1 Nanga Pinoh)
DOI:
https://doi.org/10.31932/ve.v5i2.133Abstract
Tujuan penelitian adalah mengetahui efek pembelajaran IPA bervisi Science-Environtmen-Technology-Society terhadap prestasi belajar model Teams-Games-Tournament dan NonTGT, menentukan perbedaan prestasi belajar SD Swasta dan Negeri yang diajar dengan model TGT bervisi SETS, menentukan peningkatan sikap tanggap bencana dan mengetahui sikap penerimaan siswa terhadap implementasi pembelajaran kebencanaan dalam IPA bervisi SETS. Subjek penelitiannya siswa kelas IV SD Swasta dan Negeri Kabupaten Melawi, objek penelitiannya adalah prestasi belajar dan sikap tanggap bencana dalam kompetensi perubahan lingkungan fisik bumi. Nilai prestasi belajar diperoleh melalui pemberian tes kognitif, sikap tanggap bencana dan sikap penerimaan melalui kuesioner. Hasil menunjukkan model kooperatif TGT bervisi SETS lebih baik dari NonTGT bervisi SETS dalam membelajarkan kebencanaan terintegrasi dalam IPA bervisi SETS. Prestasi belajar SD Swasta rata-rata sebesar 85, lebih baik dari rerata prestasi SD Negeri yang sebesar 75. Rata-rata peningkatan sikap tanggap bencana pada model TGT dan NonTGT sebesar 3, tidak ada perbedaan secara signifikan peningkatan sikap tanggap bencana dari kedua model, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kebencanaan bervisi SETS dapat diajarkan dengan berbagai model pembelajaran. Implementasi pembelajaran kebencanaan dalam IPA bervisi SETS dapat diterima dengan baik pada pencapaian skor 94 untuk kelompok TGT dan 93 untuk Kelompok NonTGT, dalam rentang skor 0 sampai 100.
Â
Kata Kunci: SETS; Teams-Games-Tournament; KesiapsiagaanReferences
Anonim, 00, http://bpbd.kalbarprov.go.id diakses tgl, 11 November 2012.
Binadja, A. 2001. Pembelajaran Sains Berwawasan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) untuk Pendidikan Dasar. Makalah. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Binadja, A. 2007. Pemikiran dalam SETS (Science, Environment, Technology, and Society). Semarang: Laboratorium SETS-Universitas Negeri Semarang
Burriss, K. and Burriss, L. 2011. “Outdoor Play and Learning: Policy and Praticeâ€. International Journal of Education Policy and Leadership, Volume 6, Nomor 8. Halaman 1-12.
Depari, G. 2011. “Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournaments dan Learning Cycle pada Mata Pelajaran Elektronika Digital†INVOTEC, Volume VII, Nomor 2. Halaman 161–174
Ermawati. 2008. Multigroup Structural Equation Model untuk membandingkan Prestasi Belajar Siswa yang Berasal dari Sekolah Negeri dan Swasta. Tesis. ITS Surabaya.
Handayani, F. 2009. Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Purwodadi Kabupaten Pasuruan pada Materi Keragaman Bentuk Muka Bumi. Laporan Penelitian: SMAN 1 Seruai Papua.
Indrayati, Y. 2009. Modul Ajar Pengintegrasian Pengurangan Risiko Banjir Bahan Pengayaan bagi Guru SD/MI. Jakarta: Program Safer Communities through Disaster Risk Reduction (SCDRR).
Irene, A.S., & S.U. Sudaryono. 2010. “Peran Sekolah Dalam Pembelajaran Mitigasi Bencanaâ€. Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana, Volume 1 Nomor 1.
Lewis, E.B. at al. (2011). “Elementary Teachers Comprehension Of Flooding Through Inquiry-Based Professional Development and Use Of Self-Regulation Strategiesâ€. Internasional Journal of Science Education, Volume 3. Nomor 11 Halaman 1473-1512
Martine B. L., Krispijn van A.M., J. Mason., Suarez P., Ait C.Y., and Tall A., 2013. “Climate Forecasts In Disaster Management: Red Cross Flood Operations In West Africa, 2008â€. Journal Disasters, Volume 37. Nomor 1 Halaman 144-164
Narwanti, S. Dan Somadi. 2012. Panduan Menyusun Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Familia (Group Relasi Inti Media).
Nayak Jyotirmayee. (2011). “An Investigation Into The Awareness Knowledge and Attitude of Student Teachers Towards Climate Changeâ€. Journal Indian Educational Review, Volume 49 Nomor 2. Halaman 54-63.
Potvin, P., Riopel, M., Masson, S., dan Fournier, F. (2010). “Problem Centered Learning Vs. Teaching Centered Learning In Science at The Secondary Level: An Analysis Of The Dynamics Of Doubtâ€. Journal Of Applied Research On Learning. Volume 3. Article 5.
Rusilowati, A. dan Binadja, A. 2009. “Mitigasi Bencana Alam Berbasis Pembelajaran Kebencanaan Alam Bervisi Science Environment Technology and Society Terintegrasi dalam Beberapa Mata Pelajaran. Laporan Penelitian Hibah. Semarang : Universitas Negeri Semarang, Oktober 2009.
Slavin, E., Robert. 2005. Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media.
Van Wyk.,MM., 2010. “The Effects Of Teams-Games-Tournaments On Achievement, Retention, And Attitudes Of Economics Education Studentsâ€. EABR & ETLC Conference Proceedings. University of the Free State, South Africa.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.