EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PUTUSSIBAU

Authors

  • Florentina Rahayu Esti Wahyuni STKIP Persada Khatulistiwa sintang
  • Eva Kurniati STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

DOI:

https://doi.org/10.31932/ve.v5i2.131

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada materi Sistem Reproduksi Manusia di kelas XI SMA Negeri 1 Putussibau. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design dan sampel dipilih secara sampling jenuh. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Tehnik pengumpulan data yaitu teknik observasi langsung, tehnik pengukuran dan tehnik komunikasi tidak langsung. Alat pengumpul data berupa lembar observasi, soal tes dan angket. Persentase total observasi aktivitas guru untuk kedua pertemuan yaitu 100%. Persentase total observasi aktivitas siswa pada kedua pertemuan yaitu 88,59%. Nilai rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen sebesar 62,9  dan 86,1. Nilai rata-rata pretest dan posttest kelas kontrol sebesar 60,9 dan 76,6. Data hasil uji t posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu –ttabel  ≤ thitung ≥ + ttabel  = - 2,000 ≤ 5,398 ≥ 2,000, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Nilai effect size sebesar 1,403 dengan kriteria tinggi. Persentase total data angket sebesar 84,5 % dengan interpretasi tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran problem solving  mendapat respon yang sangat baik dari siswa-siswi kelas XI IPA 2 SMA N 1 Putussibau.

 

Kata kunci : Kemampuan, Pedagogik, Ilmu Pengetahuan Sosial

References

Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Fisher, A. (2012). Sebuah Pengantar Berpikir Kritis. Jakarta: Erlangga.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hasan, I. (2008). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Riduwan. (2010). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Ridduwan, P. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa terhadap Materi Keterbukaan dan Keadilan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara melalui Model Group Investigation di Kelas XI IPS 2 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sintang Tahun Pelajaran 2012. Skripsi pada Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan STKIP Persada Khatulistiwa Sintang: tidak diterbitkan.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukardi. (2011). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukiman. (2012). Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta: Insan Madani.

Supriadie, D dan Darmawan, D. (2012). Komunikasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryabrata, S. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2018-08-24

Issue

Section

Articles