PENGARUH IMPLEMENTASI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN KOVARIABEL KEMAMPUAN NUMERIK DAN INTELIGENSI PADA SISWA KELAS V

Authors

  • Dwi Cahyadi Wibowo STKIP Persada KHatulistiwa Sintang

DOI:

https://doi.org/10.31932/ve.v5i2.130

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap prestasi belajar matematika dengan kovariabel kemampuan numerik dan inteligensi. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SDN 05 Pontianak Kota. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Data dianalisis menggunakan uji analisis anakova, product moment, dan analisis regresi multiple dengan bantuan SPSS 18 for Windows dengan taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran matematika realistik dan siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensional, (2) setelah kovariabel kemampuan numerik dikendalikan, terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran matematika realistik dan siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensional, (3) setelah kovariabel inteligensi dikendalikan, terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran matematika realistik dan siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensional (4) setelah kovariabel kemampuan numerik dan inteligensi dikendalikan secara simultan, terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran matematika realistik dan siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensional, (5) terdapat kontribusi kemampuan numerik terhadap prestasi belajar matematika, (6) terdapat kontribusi inteligensi terhadap prestasi belajar matematika, dan (7) terdapat kontribusi signifikan secara simultan kemampuan numerik dan inteligensi terhadap prestasi belajar matematika.

 

Kata kunci: Pendekatan Matematika Realistik, Kemampuan Numerik, Inteligensi

References

Andriyani, A. 2009. Hubungan Antara Kecerdasan Intelektual (IQ) dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas 4 dan 5 di SDN Jombang. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1 No 2 (2009). http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/ jurnal/1209185196_2085-0581.pdf. Diunduh tanggal 28 Januari 2013.

Arini, N. K. S. 2009. Pengaruh Tingkat Intelegensi dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas II SMA Negeri 99 Jakarta. http://www.gunadarma.ac.id/ library/articles/ graduate/ psychology/ 2009/Artikel_10504121.pdf. Diunduh tanggal 28 Januari 2013.

Carr, J, et al. 2009. Teaching Mathematics. San Francisco, CA: WestEd. Retrieved.

Ernawati. 2009. Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Numerik dengan Prestasi Belajar Matematika di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang. http://digilib.umm.ac.id/gdl.php?mod=browse&op =read&id=jiptummpp-gdl-s1-2009-ernawati04-6694&PHPSESSID= 42d6ee65b827a38f44956092d28ba985. Diunduh tanggal 28 Januari 2013.

Isa, M. 2011. Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Melalui Pendekatan Realistik (Suatu Penelitian Pada Anak Kelas VIII SMP Negeri 1 Kuta Malaka Aceh Besar). Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh Vol 10, No. 1 (2011) Hal 1-13.

Kartika, I K. 2010. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Penalaran Operasional Konkret Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Semarapura Kangin. Jurnal Penelitian Pasca Sarjana Undiksha, Vol 7, No 1 (2010).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Bahan Uji Publik Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lemik, N.M. 2011. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Kemampuan Numerik. Tesis. (Tidak Diterbitkan). Singaraja: Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Mulyani. 2012. Hubungan Antara Tingkat Kecerdasan, Motivasi Berprestasi, dan Kebiasaan Belajar Matematika Siswa dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Semester 1 Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. http://sediaskripsiptk.wordpress.com/2012/10/24/skripsi-pendidikan-kuantitatif-sma/. Diunduh tanggal 28 Januari 2013.

Putri, R. I. I. 2010. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Bentuk Tes Formatif Terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Intelegensi Siswa SD di Palembang. http://p4mriunsri.files.wordpress.com/2009/11/sinopsis_disertasi_ratu_ilma_unsri_20101.pdf. Diunduh tanggal 28 Januari 2013.

Seniwati, L. 2011. Pengaruh Inteligensi dan Penalaran Formal Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Amlapura. Jurnal Penelitian Pasca Sarjana Undiksha, Vol 2, No 2 (2011).

Sunarto, M.B.S. 2009. Pembelajaran konvensional banyak dikritik namun paling disukai. http://sunartombs.wordpress.com/2009/03/02/pembelajaran-konvensional-banyak-dikritik-namun-paling-disukai/. Diunduh tanggal 22 januari 2013.

Supardi. 2012. Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar. Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan Lembaga Pengembangan dan penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Negeri Yoyakarta, Juni 2012, Th. XXXI, No. 2.

Supinah. 2008. Pembelajaran Matematika SD dengan Pendekatan Kontekstual dalam Melaksanakan KTSP. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Wulandari, H. 2010. Kontribusi Kedisiplinan Belajar dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Numerik dan Dampaknya Pada Prestasi Belajar Matematika Pada Persegi Panjang dan Persegi Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Ngawen Klaten Thn. 2009/2010. http://etd.eprints.ums.ac.id/8396/. Diunduh tanggal 28 januari 2013.

Yunida, R. S. 2012. Hubungan Antara Tingkat Kemampuan Numerik dengan Tingkat Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA Program SBI di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik. http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jipptumg--rachmasury-871. Diunduh tanggal 28 Januari 2013.

Published

2018-08-24

Issue

Section

Articles