HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Korelasi di Kelas IV SDN 02 Batu Buil, Kecamatan Belimbing)
DOI:
https://doi.org/10.31932/ve.v5i2.129Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan Kompetensi Profesional Guru dengan Hasil Belajar Siswa kelas IV di SDN 02 Batu Buil dengan Metode penelitian Kuantitatif bentuk Korelasi. Jumlah populasi sebesar 121 orang siswa dan sampel 30 orang siswa ditentukan dengan teknik random sampling. Adapun hasil penelitian untuk persentase angket sebesar 84%, sedangkan perhitungan rata – rata hasil belajar siswa adalah 76,40. Perhitungan dilanjutkan secara statistik dengan nilai r hitung sebesar 0,69 yang berada pada kategori “kuatâ€, dan hasil perhitungan koefisien determinan KP= 47,61 %. Dari hasil uji signifikan diperoleh thitung sebesar 5,048 dan dibandingkan dengan ttabel 2,048 maka thitung lebih besar dari ttabel artinya Ha diterima dan Ho ditolak, terdapat hubungan antara kompetensi Profesional Guru dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 02 Batu Buil.
Kata Kunci: Korelasi, Profesional Guru, Hasil BelajarReferences
Alma, Buchari. 2009. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Alfabeta: Bandung
Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Alfabeta: Bandung
Sudjana, N. (2013). Deskripsi Hasil Belajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. 2012. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode penelitan pendidikan pendekatan kuantitatif kualitatif., Dan R & D. Surabaya. Pustaka Belajar
Suparno, Paul. 2004. Guru Demokratis di Era Reformasi. Grasindo: Jakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.