HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Korelasi di Kelas IV SDN 02 Batu Buil, Kecamatan Belimbing)

Authors

  • Agusta Kurniati STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

DOI:

https://doi.org/10.31932/ve.v5i2.129

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan Kompetensi Profesional Guru dengan Hasil Belajar Siswa kelas IV di SDN 02 Batu Buil dengan Metode penelitian Kuantitatif bentuk Korelasi. Jumlah populasi sebesar 121  orang siswa dan sampel 30 orang siswa ditentukan dengan teknik random sampling. Adapun hasil penelitian untuk persentase angket sebesar 84%, sedangkan perhitungan rata – rata hasil belajar siswa adalah 76,40. Perhitungan dilanjutkan secara statistik dengan nilai r hitung sebesar 0,69 yang berada pada kategori “kuatâ€, dan hasil perhitungan koefisien determinan KP= 47,61 %. Dari hasil uji signifikan diperoleh thitung sebesar 5,048 dan dibandingkan dengan ttabel 2,048 maka thitung lebih besar dari ttabel artinya Ha diterima dan Ho ditolak, terdapat hubungan antara kompetensi Profesional Guru dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 02 Batu Buil.

Kata Kunci: Korelasi, Profesional Guru, Hasil Belajar

References

Alma, Buchari. 2009. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Alfabeta: Bandung

Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Alfabeta: Bandung

Sudjana, N. (2013). Deskripsi Hasil Belajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2012. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode penelitan pendidikan pendekatan kuantitatif kualitatif., Dan R & D. Surabaya. Pustaka Belajar

Suparno, Paul. 2004. Guru Demokratis di Era Reformasi. Grasindo: Jakarta

Downloads

Published

2018-08-24

Issue

Section

Articles