ANALISIS PERAN GURU DALAM MENANAMKAN RANAH AFEKTIF PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 01 PENGKADAN)
DOI:
https://doi.org/10.31932/ve.v5i1.128Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru menanamkan ranah afektif dalam pembelajaran pendidikan Kewarganegaraan di kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Pengkadan. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pengkadan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dalam penelitian ini penulis ingin menganalisis kemudian mendeskripsikan keadaan tentang peran guru menanamkan ranah afektif dalam pembelajaran PKn di kelas XI IPS SMA Negeri 01 Pengkadan. Alat pengumpul data penelitian adalah observasi, wawancara, angket, serta dokumentasi
Hasil penelitian yang diperoleh adalah Peran guru dalam menanamkan ranah afektif pada pembelajaran PKn pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pengkadan sangat diperlukan. Guru memberikan teladan dan menanamkan kepada siswa untuk berbuat jujur, bersikap positif, disiplin, tidak sombong, dan berinteraksi dengan baik dalam masyarakat. Faktor pendukung dalam upaya menanamkan ranah afektif siswa pada pembelajaran PKn adalah guru harus menanamkan sikap moral, tanggungjawab, rasa hormat, keadilan, keberanian, kejujuran, rasa kebangsaan, displin diri, toleransi, ketekunan, percaya diri, kesopanan, kerajinan, dan kematangan sikap kepada siswa. Tujuannya untuk menanamkan ranah afektif agar dilaksanakan siswa. Faktor-faktor penghambat upaya menanamkan ranah afektif siswa pada pembelajaran PKn adalah berasal dari guru, siswa, orang tua dan masyarakat.
                                             Â
Kata Kunci: Peran Guru, Penanaman Ranah AfektifReferences
Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai-Karakter Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arikunto. 2010. Prosedur Penulisan suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Nawawi, H. 2006. Metode Penelitian Sosial. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Riduwan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta
Sangadji dan Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktik dalan Penelitian. Yogyakarta: Andi
Subini, Nini. 2012. Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administratif, Dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta.
Syamsudin, dkk. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Syamsudin, Abin dan Nandang Budiman. 2006. Profesi Keguruan 2. Jakarta: Univeritas Terbuka.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. ¬Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Nuansa Aulia.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.