ANALISIS KEMAMPUAN PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH DASAR NEGERI 08 SINTANG

Authors

  • Eliana Yunitha Seran STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Veronika Susanti Tri Widyaningsih STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

DOI:

https://doi.org/10.31932/ve.v5i1.126

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan analisis kemampuan pedagogik guru mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas V sekolah dasar negeri 08 sintang tahun pelajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian yaitu 1 orang guru bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial serta murid  kelas VA Sekolah Dasar Negeri 08 Sintang berjumlah 28 orang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, teknik wawancara, serta teknik dokumentasi. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data di lapangan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yaitu hasil observasi dan wawancara diperoleh suatu gambaran bahwa kemampuan pedagogik guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada proses pembelajaran merupakan hal yang utama, pada tahap pelaksanaannya guru Adanya faktor pendukung yaitu kebijakan pengembangan kualifikasi dan guru ikut serta dalam pelatihan-pelatihan serta meningkatkan keterampilan tekhnologi informatika, buku-buku penunjang yang berhubungan dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Dan faktor penghambat materi yang diajarkan dirasakan guru terlalu banyak sehingga kesuliatan dalam menyampaikan materi yang harus disesuaikan dengan waktu. Kemampuan pedagogik guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar.

 

Kata kunci : Kemampuan, Pedagogik, Ilmu Pengetahuan Sosial

References

Kamus Bahasa Indonesia. (2007). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Moleong, L. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mukhtar. (2013). Metode praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta : GP

Peraturan Pemerintah Nomor 19. (2005). Standar Pendidikan Nasional. Jakarta.

Sagala, H. S. (2008). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Sadulloh, U. (2010). Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung : CV Alfabeta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiono. ( 2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV Alfabeta.

Sukardi. (). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta :

Suryanto, A. (2010). Evaluasi Pembelajaran di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Syahwani dan Syambasri. (2007). Buku Ajar (Implementasi Ketrampilan Dasar Mengajar). Pontianak: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjung Pura.

Tim Bina Karya guru. (2006). IPS Terpadu Kelas V. Jakarta : Erlangga.

Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Wahab, A. A. (2008). Metode dan Model-Model Mengajar IPS. Bandung : Alfabeta.

Winataputra, U. S. (2008). Materi Dan Pembelajaran IPS SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Wina, S. (2011). Strategi Pembelajaran (Berorientasi standar Proses pendidikan). Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2018-08-24

Issue

Section

Articles