PENANAMAN KARAKTER KEBANGSAAN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31932/ve.v12i1.1054Keywords:
Perangkat pembelajaran, kearifan lokal, karakter kebangsaanAbstract
ABSTRAK
Dewasa ini peserta didik tidak hanya dituntut menguasai ketiga ranah hasil belajar yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor, tetapi juga meliputi pengembangan karakter yang dapat diintegrasikan melalui kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) model 4D yakni define, design, develop, dan disseminate. Subjek ujicoba penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 12 Ensaid Panjang. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar validasi produk, lembar observasi, dan lembar tes hasil belajar. Teknik anaslis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan lembar penilaian, valid berkategori “baik†dan dinyatakan layak untuk diterapkan. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal mampu meningkatkan karakter kebangsaan kejujuran, persatuan, dan gotong-royong masing-masing sebesar 0,08, 0,16 dan 0,07. Hasil tes juga menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal suku Dayak Desa mampu mengembangkan hasil belajar peserta didik yakni sebesar 74,38. Dengan demikian, pembelajaran berbasis kearifan lokal dapat menanamkan karakter kebangsaan peserta didik sekolah dasar.
Kata Kunci:Â Perangkat pembelajaran, kearifan lokal, karakter kebangsaan
Â
ABSTRACT
Nowadays students are not only required to master the three domains of learning outcomes, namely cognitive, affective, and psychomotor, but also include character development that can be integrated through local wisdom. This study aims to produce learning kits based on local wisdom in elementary schools. This research conducted with Research and Development (R&D) within 4D stages model i.e define, design, develop, and disseminate. The subjects of the research trial were grade III students of SD Negeri 12 Ensaid Panjang. Data collection instruments in this study were product validation sheets, observation sheets, and learning achievement test sheets. The data analysis technique used is descriptive qualitative. The results showed that the learning kit consisting of syllabus, lesson plan, student worksheet, and assessment sheet, was valid in the category of "good" and declared feasible to be applied. The results show that the learning kits based on local wisdom can improve the national character of honesty, unity, and mutual assistance respectively by 0.08, 0.16, and 0.07. The test results also showed that the local wisdom-based learning tools of the Dayak Desa tribe were able to develop student learning outcomes, with score 74.38. Thus, learning kits based on local wisdom can instill the national character of elementary school students.
Keywords:Â Learning kits, local wisdom, nationality character
References
Alloy, S., Albertus, Istiyani, C.P. 2008. Mozaik Dayak, Keberagaman Subsuku Dan Bahasa Dayak, Di Kalimantan Barat. Pontianak: Institut Dayakologi.
Asmani, J.M. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Pati: Diva Press.
Awang, I.S. 2012. Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) Mata Pelajaran Ipa Untuk Mengembangkan Karakter Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar. S2 Thesis, UNY.
Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa Pedoman Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Dwianto, A., Wilujeng, I., Prasetyo. Z.K., & Suryadarma, I.G.P. 2017. The Development Of Science Domain Based Learning Tool Which Is Integrated With Local Wisdom To Improve Science Process Skill And Scientific Attitude. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 6(1) 23-31.
Eriyani, F. 2012. Perspektif Sosiologis Tentang Sekolah Berstandar Internasional Berbasis Kearifan Lokal Dalam Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Demokrasi. 11(1) 284-292.
Gunawan, I.G.D., 2017. Penanaman Nilai-Nilai Belum Bahadat Dan Huma Betang Dalam Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2. 62-72.
Maulida & Wangid, M.N. 2017. Pengaruh SSP Tematik Integratif Terhadap Peningkatan Karakter Kedisiplinan Siswa Di Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter. 7(2) 170-183.
Naim, N. 2012. Character building: optimalisasi peran pendidikan dalam pengembangan ilmu dan pembentukan karakter bangsa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Purnamasari, V., & Wangid, M.N. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Untuk Membangun Karakter Kepedulian Dan Kedisiplinan. Jurnal Pendidikan Karakter. 6(2) 167-180.
Rukiyati & Purwastuti, L.A. 2016. Model Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Sekolah Dasar Di Bantul Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter. 6(1) 130-142.
Saptono. 2011. Dimensi-dimensi pendidikan karakter: wawasan, strategi dan langkah praktis. Jakarta: Erlangga.
Seran, E.Y., Mardawani. 2020. Kearifan Lokal Rumah Betang Suku Dayak Desa Dalam Perspektif Nilai Filosofi Hidup (Studi Etnografi: Suku Dayak Desa, Desa Ensaid Panjang Kecamatan Kelam Permai). Jurnal PEKAN, 5(1), 28-41.
Setyorini D., & Izzaty, R.E. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Bersahabat Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 120-133.
Sroufe, L.A., Cooper, R.G., DeHart, G.B., & Marshall, M.E. (1996). Child Development Its Nature and Course, (3rd ed.). New York: McGRAW-HILL, INC.
Suhartini, S., Sekarningrum, B., Sulaeman, M., & Gunawan, W. 2019. Social Construction Of Student Behavior Through Character Education Based On Local Wisdom. Jurnal of social studies education research, 10(3), 276-291.
Sulastri, S. 2019. Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penunjang Mata Kuliah Kajian Fiksi. Vox Edukasi, 10(2), 105-110.
Sururuddin, M. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Character Building Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 3(1) 301-313.
Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. 1974. Instructional development for training teachers of exceptional children A Sourcebook. Bloomington Indiana: Indiana University.
Utami, K.N., & Mustadi, A. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Dalam Peningkatan Karakter, Motivasi, Dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter. 7(1) 14-25.
Wagiran, 2012. Pengembangan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Hamemayu Hayuning Bawana (Identifikasi Nilai-Nilai Karakter Berbasis Budaya). Jurnal Pendidikan Karakter. 2(3) 329-339.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.