Optimalisasi Guru Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Huruf Braille Pada Siswa Tunanetra
DOI:
https://doi.org/10.31932/ve.v12i1.1019Keywords:
teacher, blind, learning mediaAbstract
ABSTRAK
Pendidikan menjadi hak dari setiap warga negara sebagaimana amanat Undang-undang Dasar 1945, Pasal 31 Ayat 1, sejalan dengan amanat di atas pendidikan untuk anak kebutuhan khusus juga di berlakukan di negara Indonesia[G1] [a2] , maka diperlukan sebuah proses pembelajaran yang maksimal mulai dari sumberdaya manusianya yaitu guru. tujuan penelitian [G3] [a4] ini adalah tentang bagaimana optimalisasi guru dalam menumbuhkan minat membaca huruf braille pada siswa tunanetra. Apa saja media yang di gunakan guru dalam menumbuhkan minat membaca huruf braille pada siswa tunanetra, serta apa saja kendala guru dalam menumbuhkan minat membaca huruf braille pada siswa tunanetra. Penelitian dilakukan pada Sekolah Luar Biasa Cerme Gresik, melalui riset kualitatif dengan pendekatan studi kasus, sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru pengajar siswa tunanetra, analisis data yang di pakai adalah analisis data Miles dan Huberman dengan perpaduan Triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan optimalisasi penumbuhan minat membaca huruf braille yang di lakukan guru, dengan memperkuat proses pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi belajar membaca, selain itu beberapa media pembelajaran yang digunakan seperti, braille kasar, halus, peta braille dan beberapa media lainnya. Terlepas dari beberapa media di atas masih ditemukannya kendala dalam penumbuhan minat membaca huruf braille, seperti naik turunya motivasi pada diri siswa, IQ siswa tunanetra yang cenderung rendah dari pada siswa normal, perlunya peningkatan kompetensi pada guru tunanetra, serta perlu adanya media pembelajaran yang sesuai kebutuhan siswa, seperti buku pelajaran braille.
Kata Kunci :Â Guru, Tunanetra, Media Belajar
ABSTRACT
Education is the right of every citizen as mandated by the 1945 Constitution, Article 31 Paragraph 1, in line with the above mandate that education for children with special needs is also implemented in the state of Indonesia, so a maximum learning process is needed starting from human resources, namely teachers. . so in this study discusses how to optimize the teacher in fostering interest in reading Braille in blind students. What media are used by the teacher in fostering interest in reading braille in blind students, as well as what are the obstacles for teachers in growing interest in reading braille in blind students. The research was conducted at the Cerme Gresik Special School, through qualitative research with a case study approach, the primary data source in this study was teachers of blind students, the data analysis used was data analysis by Miles and Huberman with a combination of data triangulation. The results showed the optimization of the growth of interest in reading braille by the teacher, by strengthening the learning process starting from planning, implementing and evaluating learning to read, besides that some learning media were used, such as coarse, fine braille, braille maps and several other media. Apart from some of the media above, there are still obstacles in growing interest in reading braille, such as the ups and downs of motivation in students, the IQ of blind students who tend to be lower than normal students, the need to increase competence in blind teachers, and the need for learning media that suits their needs. students, such as braille textbooks.
Keywords:Â Teacher, Blind, Learning Media
References
Ali, M. (2009). Pendidikan Untuk Membangun Nasional. Grasindo.
Anindita, A. A. (2020). Pembelajaran Braille Bermedia Flashcard Di Tklb Tunanetra. Jurnal Pendidikan Khusus, 1(1), 1–5.
Arif, M., & Kalimatusyaro, M. (2020). Revitalisasi Pendidikan Ruhani Dalam Rangka Mencegah Penyalahgunaan Narkoba Pada Pelajar. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 7(1), 41–55. https://doi.org/10.17509/t.v7i1.23800
Arif, M., & Sulistianah, S. (2019). Problems in 2013 Curriculum Implementation for Classroom Teachers in Madrasah Ibtidaiyah. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(1), 110. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i1.3916
Assyifa, A. F. (2019). Pembelajaran Pra Membaca Braille Pada Siswa Tunanetra Kelas I Sekolah Dasar Di SLB Negeri 1 Bantul. Jurnal Widia Ortodidaktika, 8(5), 439–448.
Bormans, G. (1993). Flemish daily newspaper in braille. British Journal of Visual Impairment, 11(2), 66–67. https://doi.org/10.1177/026461969301100208
Chiu, T. (2014). Braille, amma and integration: The hybrid evolution of education for the blind in Taiwan, 1870s–1970s. Paedagogica Historica, 50(1–2), 182–194. https://doi.org/10.1080/00309230.2013.874362
Daftar Sekolah Luar Biasa (SLB) Recommended di Gresik. (2017, December 23). http://datasekolah.net/daftar-sekolah-luar-biasa-slb-recommended-di-gresik/
Darlis, A. (2017). Hakikat Pendidikan Islam: Telaah Antara Hubungan Pendidikan Informal, Non Formal dan Formal. Jurnal Tarbiyah, 24(1), 84–103.
Dia, E. R. (2012). Efektifitas Penggunaan Tulisan Singkat Braille Dalam Meningkatkan Kecepatan Menulis Bagi Anak Tunanetra. 1, 12.
Dursin, A. G. (2012). Information Design and Education for Visually Impaired and Blind People. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 5568–5572. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.477
Fantin, D., Sutton, M., Daumann, L. J., & Fischer, K. F. (2016). Evaluation of Existing and New Periodic Tables of the Elements for the Chemistry Education of Blind Students. Journal of Chemical Education, 93(6), 1039–1048. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.5b00636
Fitra, R. R., & Iswari, M. (2019). Profil Guru Penyandang Tunanetra (is) Berprestasi Di Cabang Olahraga Catur Tingkat Asia Tenggara. JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(2), 1–6.
Harimi, A. C. (2018). Strategi Pembelajaran Kemahiran Menulis Bagi Peserta Didik Tunanetra. Prosiding Konferensi Bahasa Arab IV Universitas Negeri Malang, 51–56.
Hope, J. (2018). Educate blind, low-vision students about accessibility features of the iPhone, iPad. Disability Compliance for Higher Education, 23(7), 2–2. https://doi.org/10.1002/dhe.30388
Hoshino, T., Kiyosawa, T., Otake, T., & Yonezawa, Y. (2000). Basic study of optimum stimulus mode for finger Braille display. Electronics and Communications in Japan, 83(6), 8.
Isnaini, B. (2013). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Tulisan Braille Melalui Sistem Menggold Bagi Anak Tunanetra. E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikah Khusus), 1(1), 22–32.
Iswara, A. M., Sumpeno, S., Purnomo, M. H., & Hakim, J. A. R. (2013). Aplikasi Pengenalan Kata Pada Huruf Braille dan Pelafalannya. Jurnal Teknik Pomits, 2(2), 335–340.
Listyaningtyas, R. (n.d.). Pembelajaran Menulis Braille Dengan Reglet Pada Anak Tunanetra Kelas I SD Di SLBN A Bandung. 9.
Lumadi, M. W., & Maguvhe, M. O. (2012). Teaching Life Sciences to Blind and Visually Impaired Learners: Issues to Consider For Effective Learning Mediation Practice. The Anthropologist, 14(5), 375–381. https://doi.org/10.1080/09720073.2012.11891260
McCarthy, T., Rosenblum, L. P., Johnson, B. G., Dittel, J., & Kearns, D. M. (2016). An Artificial Intelligence Tutor: A Supplementary Tool for Teaching and Practicing Braille. Journal of Visual Impairment & Blindness, 110(5), 309–322. https://doi.org/10.1177/0145482X1611000503
Nanda, A. S. A., Anisa, M., & Mulatsih, W. T. (n.d.). Keyboard Braille Dengan Output Suara Sebagai Alat Pembelajaran Untuk Penyandang Tunanetra. 4.
Nuraeni, P., Rusdiyani, M.Pd, Dr. Hj. I., & Listiyaningtyas, M.Pd, R. (2018). Influence of Use of Media Number Concept Tunanetra Ability to Read Braille Numbers. UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa), 3(2). https://doi.org/10.30870/unik.v3i2.5309
Park, S.-J., & Shin, D. (2012). PCA-based image recognition of braille blocks for guiding the visually handicapped. International Journal of Precision Engineering and Manufacturing, 13(12), 2115–2120. https://doi.org/10.1007/s12541-012-0280-3
Peringkat pendidikan Indonesia di bawah Malaysia, China yang terbaik di dunia. (2019, December 4). BBC News Indonesia. https://www.bbc.com/indonesia/majalah-50648395
Ramos, S. I. M., & de Andrade, A. M. V. (2016). ICT in Portuguese reference schools for the education of blind and partially sighted students. Education and Information Technologies, 21(3), 625–641. https://doi.org/10.1007/s10639-014-9344-6
Reed, M., & Curtis, K. (2011). High School Teachers’ Perspectives on Supporting Students with Visual Impairments toward Higher Education: Access, Barriers, and Success. Journal of Visual Impairment & Blindness, 105(9), 548–559. https://doi.org/10.1177/0145482X1110500906
Rudiyati, S. (2010). Pembelajaran Membaca dan Menulis Braille Permulaan pada Anak Tunanetra. Jassi Anakku, 9(1), 57–65.
Saputri, A. E., Wangid, M. N., & Uny, Pp. (2013). Pembelajaran Sains Sd Untuk Siswa Tunanetra Di Slb-a Yaketunis. Jurnal Prima Edukasia, 1(2), 124–134.
Saputri, D. R. (2013). Proses Pembelajaran Seni Musik Bagi Siswa Tunanetra. Harmonia, 13(1), 37–44.
Sojib, N., & Zafar Iqbal, M. (2018). Single Cell Bangla Braille Book Reader for Visually Impaired People. 2018 International Conference on Bangla Speech and Language Processing (ICBSLP), 1–4. https://doi.org/10.1109/ICBSLP.2018.8554607
Suderajat, S., Bidari, R. A. A., & Amallia, M. (2018). Implementasi Pendidikan Inklusi Di SD Muhammadiyah 3 Cirebon. Jurnal Hadhariyah, 4(1), 113–138.
Thahar, H. E. (2013). PENINGKATAN KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA TULISAN BRAILLE DENGAN TEKNIK DUA TANGAN BAGI TUNANETRA KELAS V SLB NEGERI 2 PADANG. 1, 11.
Wardhani, N. S., & Suprihatiningrum, J. (2015). Proses Pengembangan Tabel Periodik Unsur (TPU) Braille untuk Siswa Difabel Netra. INKLUSI, 2(1), 125. https://doi.org/10.14421/ijds.020106
Wati, E. (2014). Manajemen Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Negeri 32 Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(2), 368–378. https://doi.org/10.22373/jid.v14i2.508
Wibawa, K. S., & Rushjayanti, K. D. K. D. (2019). Implementation of Electronic Braille Alphabet Connected with Android Smartphone Device. International Journal of Computer Engineering and Information Technology, 11(12), 268–272.
Widyastuti, R. (20116). Pola Interaksi Guru dan Siswa Tunanetra SMPLB A Bina Insani Bandar Lampung. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 257–266.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.