UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DALAM KEHADIRAN MENGAJAR DI KELAS MELALUI PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT DI SD NEGERI 9 KEDERAS
DOI:
https://doi.org/10.31932/jpbs.v4i1.961Abstract
Penelitian ini membehas tentang peningkatan disiplin guru dalam kehadiran mengajar di kelas melelui penerapan reward and punishment. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 9 Kederas. Adapun kondisi disiplin guru dalam kehadiran mengajar di kelas sebelum di terapkan pemberian reward dan punishment adalah guru datang siang dan tidak tepat waktu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang mana pada tahapannya dilaksanakan dalam dua siklus.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, adapun metode dalam pengumpulan data menggunakan angket dan lembar observasi untuk mengamati aktivitas semua guru. Pada siklus I mengahasilkan skor hasil observasi 42 Hal tersebut belum memenuhi skor harapan yaitu 67,5. Adapun hasil angket juga menunjukkan hasil yang sama dengan hasil observasi, skor yang di dapat pada siklus I adalah 65 masih jauh dari skor maksimal yaitu 90 namun guru sudah menunjukkan perubahan ke lebih baik dalam hal kedisiplinan.Hasil refleksi pelaksanaan pemberian reward and punishment siklus II ini mengahasilkan skor 86 artinya kedisiplinan guru sudah sangat baik karena mencapai skor harapan yaitu 67,5 selanjutnya hasil angket juga menunjukkan skor yang sangat bagus yakni 90 dengan skor maksimal 90. Hal ini menunjukkan bahwa kedisiplinan guru sudah sangat baik.
Kata Kunci : Disiplin Guru, Reward And Punishment