PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK

Authors

  • Tedi Suryadi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Meranti Sintauli Tampubolon

DOI:

https://doi.org/10.31932/jpbs.v5i1.740

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Talking Stick, aktivitas siswa ketika diterapkan metode Talking Stick, dan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode Talking Stick. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdapat dua kali pertemuan. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar wawancara, soal tes dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik Sekolah
Dasar Negeri 01 Sepauk. Hasil belajar siswa kelas V mengalami peningkatan setelah diterapkan metode Talking Stick. Hasil belajar kogntitif siswa siklus I sebesar 72% dan Siklus II sebesar 94%. Hasil belajar Afektif aspek jujur 21 siswa sudah membudayakan dan 13 siswa mulai berkembang, aspek disiplin 19
siswa sudah membudayakan dan 15 siswa mulai berkembang, aspek bertanggung jawab 11 siswa sudah membudayakan dan 23 siswa mulai berkembang, aspek percaya diri 18 siswa sudah membudaykan dan
16 siswa mulai berkembang. Hasil belajar Psikomotorik 26 siswa mendapat predikat nilai A dan 7 siswa predikat nilai B, serta 1 siswa predikat nilai C. Berdasarkan hasil penelitian, metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, metode Talking Stick, Pembelajaran Tematik

Downloads

Published

2020-04-01

How to Cite

Suryadi, T., & Tampubolon, M. S. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK. Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra Indonesia, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.31932/jpbs.v5i1.740

Most read articles by the same author(s)