HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEMBACA OPINI DENGAN MENULIS ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 01 KELAM PERMAI
DOI:
https://doi.org/10.31932/jpbs.v2i1.290Abstract
Masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca opini dengan menulis argumentasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif serta bentuk penelitiannya yaitu penelitian korelasi. Total skor kebiasaan membaca opini yang diperoleh adalah 8348 dengan rata-rata 74,53 (berkategori baik). Sedangkan menulis argumentasi memproleh total skor yaitu 8487 dengan rata-rata 76 (berkategori baik). Berdasarkan perhitungan data, diperoleh nilai 0,450 > 0,1857 (kategori cukup), koefesien determinasi diperoleh KP = 20,25% yang berarti sebesar 20,25% kontribusi sumbangan variable (X) terhadap variabel (Y) sisanya 79,75% disebabkan oleh faktor-faktor lain, hasil penghitungan pengujian hipotesis 5,28 > 1,658 terdapat hubungan yang signifikan. Maka dari itu, Ho ditolak dan Ha diterima.
Â
Kata kunci: kebiasaan membaca opini, menulis argumentasi