PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING PADA SISWA KELAS V

Authors

  • Indri Hartuti STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Dwi Cahyadi Wibowo STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

DOI:

https://doi.org/10.31932/jpbs.v2i1.288

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam berbicara kelas V Sekolah Dasar Negeri 13 Entogong Kecamatan Kayan Hulu tahun pelajaran 2016/2017. Fokus masalah penelitian yaitu; bagaimanakah peningkatan kemampuan berbicara menggunakan metode brainstorming pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 13 Entogong Kecamatan Kayan Hulu tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 13 Entogong. Jenis Penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kemampuan berbicara menggunakan metode brainstorming pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 13 Entogong Kecamatan Kayan Hulu tahun pelajaran 2016/2017 meningkat. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes siswa pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 66,7% meningkat pada siklus II menjadi 93,3%. Dari hasil dan pembahasan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode brainstorming dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

Kata Kunci: Kemampuan Berbicara, Metode Brainstorming

Downloads

Published

2017-04-01

How to Cite

Hartuti, I., & Wibowo, D. C. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING PADA SISWA KELAS V. Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.31932/jpbs.v2i1.288