FENOMENA ATRISI BAHASA DALAM PENGAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK PENUTUR ASING; FENOMENA KOMUNIKASI

Authors

  • Y Didit Setiawan Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Evensius Dimas Hendro Riberu STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

DOI:

https://doi.org/10.31932/jpbs.v8i2.2844

Abstract

Pengajaran BIPA merupakan salah satu bidang linguistik terapan. Pengajar BIPA harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang pengajaran BIPA serta fenomena-fenomena yang terjadi dalam proses itu. Salah satu fenomena dalam kebahasaan adalah atrisi.  Atrisi bahasa adalah proses hilangnya kemampuan berbahasa seseorang atau kelompok masyarakat tutur. Kontak bahasa menjadi salah satu penyebab terjadinya atrisi bahasa tersebut. Hal ini terjadi pada seseorang yang memiliki kemampuan berbahasa lebih dari satu bahasa. Pengetahuan pengajar BIPA terhadap lingustik terapan dan atrisi bahasa akan membantu pengajar dalam memahami proses belajar bahasa dan juga menentukan tindakan yang tepat.

 

Kata Kunci: Pengajaran Bahasa, Atrisi, Kontak Bahasa

References

Castaños, J. (2016). Understanding Attrition Among English as a Foreign Language Teachers in Online Training.

DOMINGUEZ, L. (2013). UNDERSTANDING INTERFACES SECOND LANGUAGE ACQUISITION AND FIRST LANGUAGE ATTRITION OF SPANISH SUBJECT REALIZATION AND WORD ORDER VARIATION (L. W. HARALD CLAHSEN (ed.)). JOHN BENJAMINS PUBLISHING COMPANY.

Gashimov, E. (2023). Interference in a Language and Culture Communication. 03(1), 56–63.

Grabe, W. (2010). applied lingusitics: a twenty-first-century discipline. In R. B. Kaplan (Ed.), applied linguistics (second). OXFORD UNIVERSITY PRESS.

L, D. nastiti. (2014). KONTAK BAHASA ANTARA KOMUNITAS TUTUR BAHASA BUGIS DAN KOMUNITAS TUTUR BAHASA SAMAWA DI SUMBAWA. Medan Bahasa, 8(2).

Lazaridou-chatzigoga, D. (2022). Language Attrition and Lived Experiences of Attrition among Greek Speakers in London. Language, 7(307), 1–18.

Matras, Y. (2020). language contact (second). CAMBRIDGE UNIVERSITY PRESS.

Musyafa, A., Gao, Y., Solyman, A., Wu, C., & Khan, S. (2022). Automatic Correction of Indonesian Grammatical Errors Based on Transformer. Applied Sciences (Switzerland), 12(20). https://doi.org/10.3390/app122010380

Núñez, J. L. (2021). Losing My Code: an Autoethnography on Language Attrition. Journal of Languages and Language Teaching, 9(4), 480. https://doi.org/10.33394/jollt.v9i4.4003

Park, E. S. (2018). Language Attrition. The TESOL Encyclopedia of English Language Teaching, 1–12. https://doi.org/10.1002/9781118784235.eelt0843

Ramadhani, A. A., Muliyono, N., & Setyowati, E. (2013). Pembelajaran dan Pemerolehan Bahasa Kedua Mahasiswa Asing Program Darmasiswa Di IKIP Budi Utomo Malang. Kinabalu, 11(2), 50–57. https://media.neliti.com/media/publications/292043-pembelajaran-dan-pemerolehan-bahasa-kedu-3047e9a9.pdf

Rohimah, D. F. (2018). Internasionalisasi Bahasa Indonesia Dan Internalisasi Budaya Indonesia Melalui Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (Bipa). An-Nas, 2(2), 199–212. https://doi.org/10.36840/an-nas.v2i2.104

Sari, D. C. P. (2021). ENGLISH LANGUAGE ATTRITION AMONG BILINGUAL CHILDREN RETURNING FROM ENGLISH SPEAKING COUNTRY Dini Candra Purnama Sari Abstrak. Language Horizon, 9(1), 28–35.

Schemid, M., & Jarvis, S. (2014). lexical acces and lexical diversity in first language. Bilingualism: Language and Cognition, 17(4), 729–748. https://doi.org/doi:10.1017/S1366728913000771

Schmid, M. S. (2011). LANGUAGE ATTRITION. CAMBRIDGE UNIVERSITY PRESS.

Schmid, M. S., & Kopke, B. (2007). LANGUAGE ATTRITION THEORETICAL PERSPECTIVES. In B. Kopke, M. S. Schmid, M. Keijzer, & S. Dostert (Eds.), LANGUAGE ATTRITION THEORETICAL PERSPECTIVES (pp. 1–7). JOHN BENJAMINS PUBLISHING COMPANY.

Schmidt, E., & Post, B. (2015). language interaction in the development of speech rhythm in simultaneous bilingual. In E. Delais-roussarie, M. Avanzi, & S. Herment (Eds.), Prosody , Phonology and Phonetics (pp. 271–291). springer.

Slavkov, N. (2015). Language attrition and reactivation in the context of bilingual first language acquisition. International Journal of Bilingual Education and Bilingualism, 18(6). https://doi.org/https://doi.org/10.1080/13670050.2014.941785

Steinkrauss, R., & Schmid, M. S. (2016). Entrenchment and Language Attrition.

Thomason, S. G. (2001). Language contact. edinburgh university press.

Tomason, S. (2020). Language Contact (R. Hickey (ed.); second). wiley blackwell.

Widianto, E. (2021). Kesulitan belajar bahasa Indonesia oleh pemelajar BIPA level dasar (BIPA 1) di Hanoi Vietnam. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 3(2), 52–59.

Wijayanti, Y., & Siroj, M. B. (2020). Analisis Kesalahan Bahasa Tulis Pemelajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Level 2B Wisma Bahasa Yogyakarta. Jurnal Sastra Indonesia, 9(2), 90–96. https://doi.org/10.15294/jsi.v9i2.31568

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

Setiawan, Y. D., & Hendro Riberu, E. D. (2023). FENOMENA ATRISI BAHASA DALAM PENGAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK PENUTUR ASING; FENOMENA KOMUNIKASI. Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra Indonesia, 8(2), 75–86. https://doi.org/10.31932/jpbs.v8i2.2844