PEMANFAATAN APLIKASI SNACK VIDIO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Wayan Novitasari STKIP PGRI Metro

DOI:

https://doi.org/10.31932/jpbs.v7i1.1875

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi Snack Vidio sebagai media dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah aplikasi Snack Vidio, dengan objek penelitian adalah pemanfaatan aplikasi Snack Vidio sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. Data dikumpulkam dengan metode observasi dan dokumentasi serta analisis deskriptif, dengan instrumen berupa catatan dokumentasi. Tahapan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, aplikasi Snack Vidio bersamaan dengan penggunaan dan metode yang tepat dapat bermanfaat sebagai media dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang menarik dan interaktif. Pengaplikasiannya yang mudah dan fitur yang beragam, maka aplikasi Snack Vidio dapat diimplementasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Untuk mengetahui keefektivan aplikasi Snack Vidio dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, diperlukan penelitian lanjutan.

 

Kata kunci: Bahasa Indonesia; Media; Pembelajaran; Snack Video

References

Djajasudarma, F. 2006. Metode Linguistik-Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: PT Refika Aditama.

Fatimah Kartini Bohang. 2018. Snack Vidio Punya 10 Juta Pengguna Aktif di Indonesia - Kompas.com. Retrieved September 10, 2018, from https://tekno.kompas.com/read/2018/0 7/05/09531027/tik-tok-punya-10- jutapenggunaaktif-di-indonesia.

Kountur, R. 2009. Metode Penelitian. Edisi Revisi. Jakarta: Buana Printing.

Loren, F. T. A. 2017. The Use of Learning Media on Listening Skill In Teaching Indonesian To Speakers Of Other Language (Tisol). Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa, 11 (1), 1. https://doi.org/10.24036/ld.v11i1.7625.

Downloads

Published

2022-04-01

How to Cite

Novitasari, W. (2022). PEMANFAATAN APLIKASI SNACK VIDIO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra Indonesia, 7(1), 59–67. https://doi.org/10.31932/jpbs.v7i1.1875