KAIDAH PEMBELAJARAN 4 KETERAMPILAN BERBAHASA BAGI BIPA LEVEL 1
DOI:
https://doi.org/10.31932/jpbs.v7i1.1615Keywords:
BIPA, Keterampilan berbahasa, Pembelajaran BIPAAbstract
Banyaknya manusia di muka bumi ini, bukan hanya terlahir dari wilayah yang sama. Kaya akan ragam, budaya lintas kota, provinsi, bahkan negara, melahirkan banyaknya perbedaan. Perbedaan inilah yang terkadang harus kita pelajari untuk menjadi satu. Pembelajaran Bahasa Indonesia bukan hanya diperuntukkan bagi yang berkewarganegaraan Indonesia saja, tetapi pembelajaran Bahasa Indonesia juga dapat dimiliki oleh pelajar atau penutur asing atau sering disebut BIPA. Belum banyaknya penelitian yang mengkaji mengenai kaidah pembelajaran BIPA. Pada penelitian ini, akan membahas mengenai kaidah keterampilan-keterampilan berbahasa yang harus dimiliki bagi PA, sebagai berikut: (1) Kaidah Pembelajaran BIPA dalam Menyimak, (2) Kaidah Pembelajaran BIPA dalam Berbicara, (3) Kaidah Pembelajaran BIPA dalam Membaca, dan (4) Kaidah Pembelajaran BIPA dalam Menulis.
Â
Kata Kunci: BIPA, Keterampilan berbahasa, Pembelajaran BIPA
References
Arifin, Amalia, 2021. Desain Bahan Ajar Keterampilan Menyimak Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) “Aku Suka Indonesiaâ€. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 17(2): 265-271. doi:: https://doi.org/10.25134/fon.v17i2.4677.
Devianty, Rina. 2017. Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah. Vol 24(2): 226-245. doi: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v24i2.167.
Gunawan, Wawan dan Muhamad Adji. 2016. Sahabatku Indonesia: Tingkat C2. Jakarta: Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Harsiati, Suyono & Puspitasari, 2021. Pengembangan Teks Menyimak Untuk Pelajar BIPA Tingkat Pemula. Jurnal Pendidikan. Vol. 6(6): 8850-860.
Haryati, dkk. Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Seminar Nasional Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. FKIP: Universitas Sebelas Maret.
Kusmiatun, Ari. 2018. Mengenal BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Ningsih, dkk. 2018. Analisis Kebutuhan Materi Ajar Membaca Bipa A1 dengan Pendekatan Deduktif di SD D’Royal Moroco. Jurnal Pembelajar. 2(2): 85-91.