MENINGKATAKAN PROFESIONALISME GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS

Authors

  • Natalia Natalia SD Negeri 19 Kebah

DOI:

https://doi.org/10.31932/jpbs.v5i2.1006

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 19 Kebah. Pelitian dilkaukan dengan motede Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang terdiri dari dua siklus. Pada siklus I ini, guru  sudah mulai faham dan mampu mengajar di kelas dan tergolong maksimal karena skor yang di dapat dari hasil observasi adalah 53 dan Skor Rata-rata 9,2 dengan kriteria Skor maksimal tiap guru: 3X 4= 12 Skor maksimal semua guru  12 X 6= 72 yang berarti Profesionalisme guru dalam proses pembelajaran sudah sangat baik. Pada siklus II ini, guru  sudah mampu mengajar di kelas dan sudah maksimal karena skor yang di dapat dari hasil observasi adalah 89 dengan kriteria Skor maksimal tiap guru: 3X 4= 12 Skor maksimal semua guru  12 X 6 = 72 yang berarti kemampuan guru dalam mengajar di kelas baik.  Pada siklus II juga, kepala sekolah mengadakan observasi terhadap Profesionalisme guru dalam proses pembelajaran, hasil yang di peroleh pada siklus II mencapai skor 65 dan skor rata-rata mencapai 11 artinya Profesionalisme guru dalam proses pembelajaran sudah sangat baik.

 

Kata kunci: Profesionalis Guru, Supervisi Klinis

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 19 Kebah. Pelitian dilkaukan dengan motede Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang terdiri dari dua siklus. Pada siklus I ini, guru  sudah mulai faham dan mampu mengajar di kelas dan tergolong maksimal karena skor yang di dapat dari hasil observasi adalah 53 dan Skor Rata-rata 9,2 dengan kriteria Skor maksimal tiap guru: 3X 4= 12 Skor maksimal semua guru  12 X 6= 72 yang berarti Profesionalisme guru dalam proses pembelajaran sudah sangat baik. Pada siklus II ini, guru  sudah mampu mengajar di kelas dan sudah maksimal karena skor yang di dapat dari hasil observasi adalah 89 dengan kriteria Skor maksimal tiap guru: 3X 4= 12 Skor maksimal semua guru  12 X 6 = 72 yang berarti kemampuan guru dalam mengajar di kelas baik.  Pada siklus II juga, kepala sekolah mengadakan observasi terhadap Profesionalisme guru dalam proses pembelajaran, hasil yang di peroleh pada siklus II mencapai skor 65 dan skor rata-rata mencapai 11 artinya Profesionalisme guru dalam proses pembelajaran sudah sangat baik.

 

Kata kunci: Profesionalis Guru, Supervisi Klinis

Downloads

Published

2020-10-01

How to Cite

Natalia, N. (2020). MENINGKATAKAN PROFESIONALISME GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS. Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra Indonesia, 5(2), 245–254. https://doi.org/10.31932/jpbs.v5i2.1006