PELATIHAN E-COMMERCE UNTUK USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI KOTA SINTANG
DOI:
https://doi.org/10.31932/jpmk.v3i2.900Keywords:
Usaha Mikro, kecil, menengah, E-CommerceAbstract
 Keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam perekonomian Indonesia mempunyai peran dan potensi yang besar dalam membangun perekonomian nasional maupun sektoral. Namun Jenis Usaha mikro kecil menegah masih kurang di kenal oleh masyarakat luas; sehingga berdampak pada pemasaran produk yang mereka hasilkan. Keterbatasan tersebut merupakan permasalahan yang penting bagi UMKM dalam mengembangkan usahanya. Untuk itu dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini akan memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM tentang  pemasaran, promosi dan pengenalan produk kepada masyarakat melalui media Internet, dengan tujuan membantu para pelaku UMKM di kota Sintang agar lebih memahami E-Commerce. Yang menjadi sasaran program pengabdian masyarakat ini adalah pelaku UMKM di kota Sintang. Kegiatan Pelatihan dan penyuluhan ini memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya para pelaku usaha mikro kecil dan menengah di kota Sintang. Peserta penyuluhan memahami apa itu E-Commerce yaitu proses pembelian, penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan melibatkan transfer dana elektronik, sistem manajemen inventory otomatis dan sistem pengumpulan data otomatis yang memanfaatkan jaringan internet komputer. Selain itu para peserta juga mendapatkan pelatihan cara membuat website produk, memberikan pelatihan cara bergabung di Marketplace yang sudah tersedia dan mendesain tampilan produk yang akan dipasarkan.
Â
References
Cangara, Hafied. 2014. Perencanaan & Strategi Ilmu Komunikasi, edisi Revisi. Jakarta: Rajagrafindo.
Hoffman, D. L., dan Fodor, M. (2010). Can you measure the ROI of your social media marketing. MIT Sloan Management Review, 52(1), 41-49
http:// internetlivestats.com
Kabar Bisnis. (2020). Terhimpit Covid-19, 63 persen UMKM rumahkan dan PHK karyawan,
diakses dari https://www. Kabar bisnis.com/read/28100010/terhimpit-covid-19-63-
persen-umkm-rumahkan-dan-phk karyawan
Kata data Insight Center. (2018). Perilaku Konsumen E-Commerce, diakses
Dari https://cdn1.katadata.co.id/media/kic/katadata-indonesia-e-commercemapping 2018. pdf
Kaplan, A.M dan Haenlein, M. (2012). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53, 59—68.
Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2019). UMKM Go Online,
diakses dari https://aptika.kominfo.go.id/2018/11/fasilitasi-8-juta-umkm-go-online/
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia. (2019).
Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) tahun 2017-2018, diakses dari http://www.depkop.go.id/uploads/laporan/1580223129_PERKEMBANGAN%20DATA%20USAHA%20MIKRO,%20KECIL,%20MENENGAH%20(UMKM)%20DAN%20USAHA%20BESAR%20(UB)%20TAHUN%202017%20-%202018.pdf
Kozinets, R. V., De Valck, K., Wojnicki, A. C., dan Wilner, S. J. (2010). Networked narratives:Under standing word-of-mouth marketing in online communities. Journal of marketing, 74(2), 71-89
Pradana, Mahir. (2015). Klasifikasi Bisnis E-Commerce Di Indonesia. MODUS Vol.27 (2): 163-174
Ridho Azlam. (2018) Strategi Pemasaran Online (Studi Kasus Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank Di Makassar). Jurnal Komunikasi KAREBA Vol.7 No.2
Sukirman. 2012. “Analisis pengaruh kinerja lingkungan terhadap kinerja industri kecil.†Jurnal Dinamika Manajemen 3 (1): 10–18.
Sukirman. 2010. “Analisis pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap kinerja usaha kecil yang dikelola perempuan (dengan pendekatan Balanced Scorecard).†Jurnal Kinerja, Bisnis dan Ekonomi 14 (3): 248–62
Tambunan, Tulus. 2012. Usaha mikro kecil dan menengah di Indonesia (isu-isu penting). Jakarta: LP3ES.