SOSIALISASI PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI MAHASISWA DI STKIP PERSADA KHATULISTIWA SINTANG
DOI:
https://doi.org/10.31932/jpmk.v3i1.673Keywords:
Sosialisasi, Karya Tulis Ilmiah, Skripsi, MahasiswaAbstract
Salah satu fokus kegiatan lembaga LPPM STKIP Persada Khatulistiwa Sintang adalah mengadakan sosialisasi “pedoman penulisan skripsiâ€. Kegiatan ditujukan sebagai kegiatan pada bidang penelitian; sebagai informasi kepada mahasiswa tentang sistematika dan gaya selingkung skripsi. Menambah wawasan mengenai metodologi penelitian pendidikan sehingga peserta memiliki ide dan kreativitas dalam bidang penelitian, memotivasi mahasiswa dalam proses penyusunan skripsi. Prosedur kegiatan pengabdian melalui beberapa tahapan yaitu mengidentifikasi kebutuhan belajar yang hasilnya berupa materi dalam   bentuk   pengetahuan, meliputi: (1) pemahaman karakteristik peserta workshop, (2) penguasaan konsep tata tulis dan sistematika karya  ilmiah (3) pemahaman  perencanaan workshop (4) pelaksanaan workshop beserta metode dan teknik dan (5) evaluasi dalam workshop. Evaluasi kegiatan menghasilkan kesimpulan (1) Kegiatan yang dilaksanakan sebanyak lima tahap terselenggara dengan baik dengan dihadiri oleh pimpinan, empat pemateri dan 227 mahasiswa yang sedang menyusun skripsi sebagai peserta kegiatan. (2) Hasil evaluasi langsung menunjukkan bahwa mahasiswa memahami dan menerima informasi dengan baik tentang sistematika penulisan dan gaya selingkung skripsi di STKIP Persada Khatulistiwa. (3) Mahasiswa memiliki tambahan wawasan mengenai metodologi penelitian pendidikan sehingga peserta memiliki ide dan kreativitas dalam menysuun riset dan melaksanakan penelitian. (4) Mahasiswa termotivasi dalam proses penyusunan skripsi. (5) Mahasiswa memahami cara penyusunan artikel dari hasil penelitian sebagai persyaratan wisuda di lingkungan STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.
Kata Kunci: Sosialisasi, Karya Tulis Ilmiah, Skripsi, Mahasiswa.References
Aristo, Thomas. J. V. 2019. Stimulating Students’ Interest in Listening Through Music. Jurnal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa. Volume 2 Nomor 1 halaman 10-16.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpmk.v2i1.424. E-ISSN 2620-5300.
Kurniadi, Fajar. 2017. Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa dengan Media Aplikasi Pengolah Kata. Jurnal. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 1 Nomor 2, e-ISSN: 2580-9040 http://doi.org/10.21009/AKSIS.
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. 2019. Buku Pedoman Penulisan Skripsi STKIP Persada Khatulistiwa. Sintang: dokumen LPPM.
Marselina, Suci. 2018. Peningkatan keterampilan menulis karya ilmiah melalui strategi belajar kooperatif tipe Group Investigation siswa kelas XI MAN I kota Sungai Penuh. Jurnal. PENTAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sastra Indonesia. Volume 4 Nomor 1 Halaman 14-21. ISSN (Print) 2442-787X. ISSN (Online) 2579-8979 14-21
Rifai, Mien A. 1995. Pegangan Gaya Penulisan, Penyuntingan dan Penerbitan Kary Ilmiah Indonesia. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Siregar, M., Wedyawati, N. 2019. Program Safe Drinking Water Treatment Wahana Visi Indonesia Kabupaten Sintang. Jurnal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa. Volume 2 Nomor 2 halaman 110-115.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpmk.v2i2.557. E-ISSN 2620-5300.
Wardhani. 2007. Menulis Karya Ilmiah. Bandung: Nusa Media.
Wedyawati, N., Lisa, Y. 2019. Peningkatan Rasa Kesadaran Bahaya Minuman Keras dengan Pendekatan Eksperimen Melalui PPL-KKM di SDN 11 Bora Desa Kecamatan Sayan Kabupaten Melawi. Jurnal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa. Volume 2 Nomor 1 halaman 17-25. DOI: https://doi.org/10.31932/jpmk.v2i1.425