PENDAMPINGAN PEMBUATAN PERANGKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK BAGI GURU-GURU DI KECAMATAN TALANGBALAI KABUPATAN BANYUASIN SUMATERA SELATAN

Authors

  • Hudaidah Hudaidah Universitas Sriwijaya
  • LR Retno Susanti Universitas Sriwijaya
  • Muhammad Reza Pahlevi Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31932/jpmk.v4i2.1446

Keywords:

Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK, Guru-Guru di Banyuasin

Abstract

ABSTRACT

This activity was carried out by the Service Team for the History Education Study Program, FKIP Sriwijaya University in 2021 using the Zoom Meeting application. The urgency behind the implementation of this activity is to develop professional competence by increasing learning interactions based on Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). The ability to use technology for learning must of course be listed in the teacher's learning tools. Teachers should be professional educators, have the skills to use various technologies that can be used in learning and show exemplary attitudes to their students. The method used in this activity is the lecture method which is varied with discussion and question and answer, as well as assignments. Based on the results of the satisfaction questionnaire given, this activity can be said to have been successfully carried out with indicators of an increase in teachers' understanding of TPACK-based learning tools after mentoring.

Keywords: TPACK-Based Learning Tools, Teachers in Banyuasin


ABSTRAK

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Tim Pengabdian Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Sriwijaya tahun 2021 dengan menggunakan aplikasi zoom meeting. Adapun urgensi yang melatarbelakangi dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mengembangkan kompetensi profesional dengan meningkatkan interaksi pembelajaran berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Kemampuan pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran ini tentunya harus tercantum dalam perangkat pembelajaran guru. Guru hendaknya menjadi pendidik yang profesional, memiliki skill untuk menggunakan berbagai teknologi yang dapat digunakan dalam pembelajaran serta menunjukkan keteladanan sikap kepada anak didiknya. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode ceramah yang divariasikan dengan diskusi dan tanya-jawab, serta penugasan. Berdasarkan hasil angket kepuasan yang diberikan, kegiatan ini dapat dikatakan berhasil dilaksanakan dengan indikator terjadinya peningkatan pemahaman para guru mengenai perangkat pembelajaran berbasis TPACK setelah dilakukannya pendampingan.

Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK, Guru-Guru di Banyuasin

Author Biographies

Hudaidah Hudaidah, Universitas Sriwijaya

Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Sriwijaya

LR Retno Susanti, Universitas Sriwijaya

Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Sriwijaya

Muhammad Reza Pahlevi, Universitas Sriwijaya

Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Sriwijaya

References

Depdiknas. 2005. Standar Pendidikan Nasional, Peranturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Fahrurrozi, dan Mohzana, 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tinjauan Teoretis dan Praktik. Universitas Hamzanwadi

http://file.upi.edu.zainalarifin.pdf).

Hudaidah, 2019. Bahan Ajar Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Palembang: Universitas Sriwijaya

Kundar, 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013): Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rajawali Pers

Kunandar, 2007. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidik (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru (Edisi Revisi). Jakarta: Rajawali Pers

Trinato, 2010. Model pembelajaran terpadu: konsep, strategi, dan implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Media

Widjajanti, Endang. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. (Online), (staff.uny.ac.id/system/files/pengabdian/endang.../kualitas-lks.pdf, diakses pada tanggal 24 November 2011).

Downloads

Published

2021-12-01

Issue

Section

Articles